PENERAPAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERPEN DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN DARING BERBANTUAN MEDIA ZOOM PADA SISWA KELAS XI SMA N 9 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

WIJAYA, ARDIAN RIFQY (2022) PENERAPAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERPEN DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN DARING BERBANTUAN MEDIA ZOOM PADA SISWA KELAS XI SMA N 9 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ARDIAN RIFQY WIJAYA 15410044.pdf] Text
ARDIAN RIFQY WIJAYA 15410044.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah penerapan
keterampilan menceritakan kembali isi cerpen menggunakan strategi Think Talk
Write dalam pembelajaran daring berbantuan media Zoom pada Siswa Kelas XI
SMAN 9 Semarang Pada Tahun 2020/2021. Penelitian ini dilakukan di SMAN 9
Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif
kualitatif. Peneliti menggunakan hasil tulisan siswa untuk melihat hasil
keterampilan siswa dalam menceritakan kembali isi cerpen. Populasi penelitian ini
adalah siswa kelas XI SMAN 9 Semarang yang melaksanakan pembelajaran
daring dengan berbantuan media Zoom. Jumlah keseluruhan siswa (populasi) dari
kelas A sampai dengan F sebanyak 180 siswa. Berdasarkan populasi siswa kelas
XI.A yang berjumlah 50 siswa, dengan teknik purposive sample, penelitian ini
memilih purposive sample karena guru yang mengajar dengan berbantuan media
Zoom di kelas XI A, oleh karena itu dipilihlah satu guru yang mengajar dua kelas.
Selanjutnya, didapatkan kelas XI A sebagai kelas sampel. Peneliti menggunakan
hasil tulisan siswa untuk melihat hasil keterampilan siswa dalam menceritakan
kembali isi cerpen. Kemudian guru menilai keterampilan bercerita siswa dengan
meggunakan strategi TTW dengan berbantuan media Zoom. Lembar penilaian
keterampilan bercerita siswa oleh peneliti digunakan sebagai instrumen penskoran
untuk menentukan tingkat keberhasilan keterampilan bercerita siswa.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah keterampilan menceritakan
kembali isi cerpen menggunakan strategi Think Talk Write dapat diterapkan dalam
pembelajaran daring berbantuan media Zoom pada siswa kelas XI SMA N 9
Semarang. Penerapan strategi think talk write untuk pembelajaran keterampilan
pada siswa SMAN 9 Kelas XI.A Kota Semarang, siswa turut aktif dan antusias
dalam melaksanakan proses pembelajaran keterampilan menceritakan kembali isi
cerpen dengan daring berbantuan media zoom, seperti saat melakukan tahap think,
talk, dan write, aktivitas siswa dalam proses pembelajaran penerapan keterampilan
menceritakan kembali isi cerpen dengan daring berbantuan media Zoom dengan
strategi TTW dapat diterapkan. Berdasarkan data tersebut, tingkat keaktifan siswa
dalam mengikuti proses pembelajaran keterampilan menceritakan kembali isi
cerpen dengan daring berbantuan media Zoom dapat diterapkan dari tahapan I ke
tahapan II. Penerapan strategi TTW dalam pembelajaran keterampilan
menceritakan kembali isi cerpen dengan daring berbantuan media Zoom dapat
diterapkan siswa dalam menceritakan kembali isi cerpen.
Kata Kunci : Penerapan Keterampilan, Strategi Think Talk Write,
Pembelajaran Daring Dan Media Zoom

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:27
Last Modified: 21 Mar 2024 03:27
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3073

Actions (login required)

View Item
View Item