PROFIL KEMAMPUAN MULTI REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TERBUKA MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF-EFFICACY

Fitriyah, Erni (2022) PROFIL KEMAMPUAN MULTI REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TERBUKA MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF-EFFICACY. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan multi
representasi matematis siswa dalam mengerjakan soal terbuka matematika ditinjau
dari self-efficacy. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif
yang dilaksanakan di SMP N 3 Kandangserang tahun ajaran 2021/2022, dengan
subjek penelitian 9 siswa di kelas 9. Subjek penelitian ini adalah siswa dengan
kategori self-efficacy tinggi, self-efficacy sedang dan self-efficacy rendah.
Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan angket skala self-efficacy, tes
tertulis, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini
yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data
mengunakan triangulasi metode yaitu membandingkan hasil tes kemampuan multi
representasi dan hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa
dengan self-efficacy tinggi mampu menyajikan solusi dengan representasi verbal,
simbolik, dan visual. Siswa dengan kategori self-efficacy sedang mampu
menyajikan solusi dengan representasi persamaan dan verbal, sedangkan siswa
yang memiliki self-efficacy rendah hanya dapat memenuliskan interprestasi dari
suatu representasi yaitu representasi visual namun tidak memenuhi representasi
simbolik dan verbal.
Kata Kunci: Multi Representasi Matematis Siswa, Self-Efficacy

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:18
Last Modified: 21 Mar 2024 03:18
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3064

Actions (login required)

View Item
View Item