STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERAJINAN REBANA DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN PECANGAAN KABUPATEN JEPARA

RIDUWAN, MOHAMAD (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERAJINAN REBANA DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN PECANGAAN KABUPATEN JEPARA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MOHAMAD RIDUWAN 16220062.PDF] Text
MOHAMAD RIDUWAN 16220062.PDF

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Mohamad Riduwan, “Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan
Rebana Dalam Menghadapi Pandemic Covid-19 di Kecamatan Pecangaan
Kabupaten Jepara”. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan
Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang, 2020.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya pedapatan kerajinan rebana di
Desa Troso, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara akibat pandemi covid-19.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi pemasaran serta strategi
keuangan usaha kerajinan rebana dalam menghadapi pandemi covid-19 di
Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. Subjek penelitian adalah para pemilik
usaha rebana yang ada di Pecangaan Jepara dan konsumen. Instrumen
pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara.
Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan
penetapan sumber data primer. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi
sumber. Analisis data dilakukan dengan langkah data collection, data
condensation, data display, conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran usaha
kerajinan rebana dalam menghadapi pandemi covid-19 yaitu dengan
memodifikasi bauran pemasaran 7P yang meliputi aspek produk, harga, promosi,
lokasi, bukti fisik, prose dan harga seperti menurunkan jumlah produksi produk
jadi per hari, mengurangi jumlah karyawan dan mengurangi jam kerja karyawan.
Kemudian untuk strategi keuangan dengan menerapkan perencanaan, pencatatan,
pelaporan dan pengendalian. Para pemilik usaha strategi perencanaan modal usaha
ditengah pandemi covid-19 lebih memilih menjual aset berwujud berupa
perhiasan dan pinjam keteman dari pada pinjam di bank. Strategi pencatatan para
pemilik usaha hanya melakukan pencatatan kas masuk dan kas keluar secara
manual saja. Strategi pelaporan para pemilik usaha rata-rata tidak membuat
pelaporan keuangan sesuai standard akuntansi yang baku. Pengendalian dengan
pengarsipan nota penjualan, prosedur pemesanan barang dan prosedur
pengembalian barang.
Kata kunci : Strategi Pemasaran, Strategi Keuangan, Kerajinan Rebana

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:17
Last Modified: 21 Mar 2024 03:17
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3061

Actions (login required)

View Item
View Item