ANALISIS EJAAN PADA HASIL MENULIS TEKS CERITA FABEL PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 8 BATANG TAHUN AJARAN 2020/2021

Atikasari, Annisa Ayu (2022) ANALISIS EJAAN PADA HASIL MENULIS TEKS CERITA FABEL PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 8 BATANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANNISA AYU ATIKASARI 16410059.pdf] Text
ANNISA AYU ATIKASARI 16410059.pdf

Download (5MB)

Abstract

Annisa Ayu Atikasari. NPM 16410059. Analisis Ejaan pada Hasil
Menulis Teks Cerita Fabel Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 8 Batang Tahun
Ajaran 2020/2021. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas
PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Ika Septiana, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II
Latif Anshori Kurniawan, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi sering kali peserta didik melakukan
kesalahan penulisan ejaan, hal ini terjadi pada hasil menulis teks cerita fabel kelas
VII SMP Negeri 8 Batang. Peserta didik hanya menulis tanpa memahami
penggunaan ejaan yang tepat, selain itu guru kurang mengajarkan pembelajaran
menulis dengan berpedoman ejaan bahasa indonesia (EBI).
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah wujud
kesalahan ejaan pada hasil menulis tek cerita fabel peserta didik kelas VII SMP
Negeri 8 Batang tahun ajaran 2020/2021. Adapun tujuan penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan wujud kesalahan ejaan pada hasil menulis teks cerita fabel
peserta didik kelas VII SMP Negeri 8 Batang tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pedekatan
deskripsi. Data dalam penelitian ini berupa hasil menulis teks cerita fabel peserta
didik kelas VII SMP Negeri 8 Batang tahun ajaran 2020/2021 terdapat kesalahan
ejaan. Pengumpulan data peneliti menggunaka metode simak yaitu dengan cara
menyimak penggunaan bahasa secara tertulis. Metode ini memiliki teknik dasar
berupa teknik sadap dan teknik lanjutan yang berupa teknik catat. Dalam
pengumpulan
data
menggunakan
Teknik
purposive
sampling,
peneliti
menggunakan kartu data yang digunakan peneliti sebagai alat bantu untuk
mengetahui jenis kesalahan ejaan.
Metode yang digunakan dalam analisis ini adalah metode agih dengan
teknik lesap, teknik ganti, dan teknik sisip. Penyajian analisis data yang digunakan
oleh peneliti pada penelitian ini adalah menggunakan metode informal.
Hasil analisis menunjukan bahwa kesalahan ejaan pada teks cerita fabel
peserta didik kelas VII SMP Negeri 8 Batang tahun ajaran 2020/2021 meliputi :
(1) Kesalahan huruf kapital tersebut meliputi: kesalahan penulisan huruf kapital
dipakai sebagai huruf pertama awal kalimat, kesalahan penulisa huruf kapital pada
huruf pertama setelah awal kalimat, kesalahan penulisan huruf pertama petikan
langsung, dan kesalahan penulisan huruf pertama setiap kata di dalam judul
karangan. (2) Kesalahan penulisan kata tersebut yaitu kesalahan penulisan
preposisi di. (3) Kesalahan penulisan tanda baca tersebut meliputi: kesalahan
penulisan tanda baca titik (.) dan kesalahan penulisan tanda baca koma (,).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:53
Last Modified: 21 Mar 2024 02:53
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3036

Actions (login required)

View Item
View Item