PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM PADA MATERI SISTEM KOLOID UNTUK MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DAN MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

SETYAWAN, JOKO (2023) PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM PADA MATERI SISTEM KOLOID UNTUK MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DAN MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Diploma thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of JOKO SETYAWAN 21550019.pdf] Text
JOKO SETYAWAN 21550019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Setyawan, Joko. 2023. “Pembelajaran Berbasis STEAM pada Materi
Sistem Koloid untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka dan
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis” Tesis. Pembimbing (1)
Dr. Fenny Roshayanti, M.Pd, Pembimbing (2) Mega Novita, S.Si, M.Si.,
M.Nat. SC, Ph.D.
Telah dilakukan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran berbasis
STEAM untuk mendukung implementasi kurikulum merdeka dan meningkatkan
kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh model
pembelajaran yang dapat diintegrasikan dengan STEAM pada materi sistem
koloid dan memperoleh pembelajaran berbasis STEAM pada materi sistem koloid
yang valid, parktis dan efektif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and
Development) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, and Evaluation) dengan lima langkah. Teknik pengumpulan data
dengan memberikan angket validasi ahli dan praktisi pendidikan, lembar
observasi siswa, lembar pretest dan post test untuk mengukur keefektifan serta
dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari dua teknik, teknik pertama
kuantitatif berupa hasil presentase validasi perangkat pembelajaran, rekapitulasi
pretest dan posttest, lembar observasi siswa dan teknik kedua adalah kualitatif
yang berasal dari saran dan komentar validator.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran kimia
berbasis STEAM memiliki karakteristik tersendiri diantaranya mendukung
implmentasi kurikulum merdeka dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa. Hasil validasi perangkat pembelajaran berbasis STEAM oleh ahli
pedagogi menunjukkan persentase penilaian validasi Alur Tujuan Pembelajaran
(ATP) 96%, Modul Ajar 92%, dan Bahan Ajar 93%. Sedangkan rata-rata
penilaian dari praktisi pendidikan terhadap pembelajaran diperoleh hasil 92%, jadi
perangkat pembelajaran sangat layak digunakan. Keterlaksanaan pembelajaran
dengan menggunakan bahan ajar dan LKPD berbasis STEAM terhadap proses
pembelajaran diperoleh skor kepraktisan adalah 91% masuk dalam kategori
sangat baik. Tafsiran keefektifan perangkat pembelajaran berbasis STEAM pada
materi sistem koloid diperoleh persentase 60% masuk kategori tafsiran cukup
efektif, sedangkan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa dengan perhitungan
N-Gain Score yang berjumlah 20 siswa diperoleh hasil 0,59 artinya masuk
kategori sedang.
Kata kunci : Berpikir Kritis, Kurikulum Merdeka, Perangkat Pembelajaran, STEAM

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:31
Last Modified: 05 Jan 2024 02:31
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/302

Actions (login required)

View Item
View Item