Nisa, Khoirun (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PBL TERINTEGRASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI BELIEF MATEMATIS SISWA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Khoirun Nisa 19310023.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pembelajaran Problem Based
Learning terintegrasi Sciene, Technology, Engineering and Mathematics terhadap
kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari belief matematis siswa. Metode
yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan quasi experiment dan posstest-
only control group desain. Teknik cluster random sampling digunakan untuk
memperoleh kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas
kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Instrument
penelitian mencakup soal essay tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan
angket belief matematis siswa. Pengolahan data dilakukan dengan menguji
ketuntasan individu dan klasikal, uji anava dua arah, uji scheffe. Hasil penelitian
adalah (1) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan pembelajaran PBL
terintegrasi STEM tuntas secara individu dan klasikal; (2) Terdapat perbedaan
kemampuan berpikir kreatif matematis pada pembelajaran PBL terintegrasi STEM
dengan pembelajaran konvensional, (3) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir
kreatif matematis pada pembelajaran PBL terintegrasi STEM dengan pembelajaran
konvensional ditinjau dari tigkat belief matematis siswa sedang dan rendah. (4)
Terdapat interaksi kemampuan berpikir kreatif matematis pada pembelajaran
ditinjau dari belief matematis siswa.
Kata kunci : PBL, STEM, Berpikir kreatif matematis, Belief matematis
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 03:10 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 03:10 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/30 |