ANALISIS RESPONS STRES PADA PESERTA DIDIK KELAS 11 JURUSAN TITL SMK YATPI GODONG

NURJANAH, FAJAR (2022) ANALISIS RESPONS STRES PADA PESERTA DIDIK KELAS 11 JURUSAN TITL SMK YATPI GODONG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Fajar Nurjanah 17110071) .pdf] Text
Fajar Nurjanah 17110071) .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

FAJAR NURJANAH. NPM 17110071. “Analisis Respons Stres Pada Peserta
Didik Kelas 11 Jurusan TITL SMK Yatpi Godong”. Program Studi Bimbingan dan
Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah stres yang dialami
peserta didik memiliki dampak yang cukup krusial yang kemudian melahirkan
beberapa masalah-masalah baru dan memunculkan perilaku maladaptive peserta
didik baik dalam kehidupan pribadi maupun sosial. Tujuan yang hendak dicapai
dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan gambaran respons stres pada
peserta didik SMK YATPI GODONG.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan teknik
pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, data yang telah
didapat kemudian dianalisis melalui analisis data dengan tiga tahapan yaitu reduksi,
penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan.
Hasil analisis data menggambarkan respons stres yang dimunculkan oleh
peserta didik, diantaranya: (1) Respons pemikiran, berupa: sulitnya berkonsentrasi,
berpikir berlebihan, merasa rendah diri dan mencemaskan banyak hal. (2) Respons
perilaku, berupa: menutup diri, berperilaku agresif, membolos, perubahan pola
makan dan tidur. (3) Respons fisik, berupa: kelelahan, telapak tangan berkeringat
hingga rentan sakit. (4) Respons perasaan, berupa: perasaan cemas, berubah
murung, merasa takut, dan mudah merasa marah.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
layanan responsif dapat digunakan sebagai bantuan kepada peserta didik yang
sedang mengalami suatu permasalahan dan memerlukan pertolongan dengan segera
sehingga peserta didik diharapkan dapat menentukan respons yang efektif terhadap
kondisi dan situasi pemicu munculnya stres.
Kata Kunci : peserta didik, respons stres akademik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:04
Last Modified: 21 Mar 2024 02:04
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2975

Actions (login required)

View Item
View Item