ANALISIS KINERJA PELAYANAN TERMINAL BUS KOTA PEKALONGAN

AMAL, HARIS ICHLASUL and RISNO, . (2023) ANALISIS KINERJA PELAYANAN TERMINAL BUS KOTA PEKALONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of HARIS ICHLASUL AMAL 18640044 dan RISNO 17640028.pdf] Text
HARIS ICHLASUL AMAL 18640044 dan RISNO 17640028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Terminal bus Pekalongan terletak di jalan Dr.Sutomo, Gamer, Kecamatan
Pekalongan Timur, dan termasuk kedalam jenis terminal tipe A. Segala macam
moda transportasi pasti tidak terlepas dari prasarana pendukung. Transportasi bus
memerlukan prasarana infrastruktur pendukung yaitu terminal bus. Untuk
mendukung prasarana yang baik dibutuhkan fasilitas pendukung lain sesuai
standar kualitas pelayanan yang baik dan memadai. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui seberapa puas pengguna/masyarakat dari suatu jasa terhadap fasilitas
pelayanan yang diberikan oleh terminal.
Metode yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, Service Quality
(Servqual) dan Importance Performance Analysis (IPA). Pada pengujian validitas
menunjukkan hasil valid terhadap seluruh item pertanyaan. Untuk pengujuan
reliabilitas nilai Cronbach’s Alpha kenyataan dan harapan masing – masing
adalah 8,270 dan 8,290. Menurut pengujian Importance Performance Analysis
(IPA), Fasilitas kamar mandi (sabun, tisu, cermin), Luar kamar mandi, Kenaikan
retribusi, Retribusi sangat perlu, Tersedia papan informasi yang jelas, Tersedia
petugas keamanan, Kebersihan sekitar ruangan, Tersedia CCTV berada dalam
kelompok Kuadran I, artinya belum memenuhi Peraturan Menteri Perhubungan
Republik Indonesia No. 40 Tahun 2015. Hasil Analisa Service Quality (Servquel)
yaitu rata – rata gap dari masing – masing item pertanyaan, nilai gap yang paling
besar adalah item pertanyaan Fasilitas Kesetaraan dengan nilai -2,30. Sedangkan
rata – rata nilai GAP terendah pada item pertanyaan Fasilitas Ruang P3K dengan
nilai – 0,87.
Berikut urutan fasilitas Terminal Kota Pekalongan dari yang paling baik ke
yang kurang baik menurut kepuasan pengguna yaitu Ruang P3K, Ruang Tunggu,
Keamanan, Kamar Mandi, Retribusi, Ruang Informasi, lalu Kesetaraan.
Berdasarkan pengujian Service Quality (Servquel) dapat ditarik kesimpulan bahwa
tingkat layanan Terminal Kota Pekalongan masih rendah.
Kata kunci: Penilaian Pengguna, Kualitas Layanan, Terminal Bus

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Informatika > Teknik Sipil
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:21
Last Modified: 05 Jan 2024 02:21
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/293

Actions (login required)

View Item
View Item