PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN TEKS DRAMA PADA SISWA KELAS VIII SMP N 4 SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021

GUSMAWAN, GUSMAWAN (2022) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN TEKS DRAMA PADA SISWA KELAS VIII SMP N 4 SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Andy Gusmawan 15410022.pdf] Text
Andy Gusmawan 15410022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Andy Gusmawan. NPM 15410022. Penerapan Model Cooperative
Learning Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Teks Drama Pada Kelas VIII SMP N 4
Semarang Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Nazla Maharani Umaya, S.S.,
M.Hum. Pembimbing II Setia Naka Andrian, S.Pd., M.Pd. Juni 2021.
Kata kunci : penerapan, model cooperative learning, teks drama
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami oleh siswa
dalam menuangkan gagasan atau pendapat sederhananya dalam kegiatan
pembelajaran. Hal ini dipengaruhi oleh kurangnya minat siswa terhadap
pembelajaran menulis, terutama menulis teks drama. Oleh karena itu perlu adanya
model tertentu agar menumbuhkan minat siswa dalam belajar terutama yang
berkaitan dengan teks drama. Salah satu model yang dapat diterapkan yaitu model
cooperative learning tipe Jigsaw.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan
model cooperative learning tipe Jigsaw dalam pembelajaran teks drama pada
siswa kelas VIII SMP N 4 Semarang? Adapun tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan penerapan model cooperative learning tipe Jigsaw dalam
pembelajaran teks drama pada siswa kelas VIII SMP N 4 Semarang Tahun Ajaran
2020/2021.
Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik wawancara dan pengisian angket. Teknik wawancara berupa penyajian
hasil yang didapatkan dari wawancara bersama dengan 2 guru mata pelajaran
Bahasa Indonesia berkaitan dengan penerapan model cooperative learning tipe
Jigsaw di SMP N 4 Semarang. Sedangkan teknik pengisian angket diberikan oleh
peneliti kepada siswa serta penugasan yang berkaitan dengan teks drama.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 4
Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B yang berjumlah 12
siswa. teknik penyajian hasil analisis data dilakukan secara kualitatif, yaitu
dengan cara mendeskripsikan penerapan model cooperative learning tipe Jigsaw
dalam pembelajaran teks drama pada siswa kelas VIII SMP N 4 Semarang Tahun
Ajaran 2020/2021.
Hasil yang diperoleh pembelajaran teks drama menggunakan model
cooperative learning tipe Jigsaw dapat diterapkan pada siswa kelas VIII SMP N 4
Semarang Tahun Ajaran 2020/2021. Model cooperative learning tipe Jigsaw
dapat memudahkan siswa untuk mempelajari unsur-unsur yang ada di dalam teks
drama melalui kegiatan kelompok yang telah dibentuk berdasarkan kelompok ahli
dan kelompok asal. Serta model cooperative larning tipe Jigsaw membantu guru
dalam memotivasi siswa pada kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Mar 2024 04:11
Last Modified: 15 Mar 2024 04:11
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2919

Actions (login required)

View Item
View Item