RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA MATERI SISTEM TATA SURYA DI SMP

KISTIANTO, ANDHIKA WAHYU (2022) RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA MATERI SISTEM TATA SURYA DI SMP. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Andhika Wahyu Kistianto 17670037.pdf] Text
Andhika Wahyu Kistianto 17670037.pdf

Download (4MB)

Abstract

Media pembelajaran yang selama ini digunakan pada sekolah masih
menggunakan alat bantu konvensional Perlengkapan di laboratorium untuk
menunjang praktek tentang pembelajaran sistem tata surya kurang lengkap.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana merancang dan membuat
aplikasi media pembelajaran Augmented Reality untuk mata pelajaran IPA materi
Tata Surya, Bagaimana menerapkan aplikasi media pembelajaran Augmented
Reality untuk mata pelajaran IPA materi Tata Surya di SMP. Tujuan dari
penelitian ini yaitu merancang dan membuat aplikasi media pembelajaran
Augmented Reality, dan menerapkan aplikasi media pembelajaran Augmented
Reality untuk mata pelajaran IPA materi Tata Surya di SMP. Metode yang
digunakan dalam pengembangan aplikasi media Augmented Reality ini yaitu
metode Waterfall. Langkah dalam metode pengembangan system waterfall ada 5
yaitu Analysis, Design, Implementation, pengujian, dan pemeliharaan. Media
pembelajaran berupa aplikasi pengenalan tata surya ini dibangun menggunakan
unity sebagai game engine, vuforia SDK sebagai liberary augmented reality untuk
membuat rancangan objek 3D. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan baik
pengujian fungsi aplikasi melalui pengujian black box dan pengujian user
acceptance test kepada guru dan siswa di SMP Negeri 1 Cluwak maka dapat di
tarik kesimpulan aplikasi augmented reality sebagai media pembelajaran sistem
tata surya berbasis android valid dalam segi rancangan serta fungsi dan layak
untuk dijadikan media pembelajaran bagi siswa. dengan hasil valid (100%) tidak
valid (0%), artinya aplikasi sudah berjalan dengan baik. Dan untuk pengujian user
acceptance test dengan responden dari guru dan siswa mendapatkan hasil 90,34%
dan sudah diterima pengguna dan dapat dikategorikan layak.
Kata Kunci : Media Pembelajaran,Augmented Reality,Vuforia Engine. waterfall

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Mar 2024 03:44
Last Modified: 15 Mar 2024 03:44
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2902

Actions (login required)

View Item
View Item