PENERAPAN MEDIA PODCAST DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA KY AGENG GIRI DEMAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

ULUM, MIFTAHUL (2022) PENERAPAN MEDIA PODCAST DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA KY AGENG GIRI DEMAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Miftahul Ulum 18410072.pdf] Text
Miftahul Ulum 18410072.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan
keterampilan menulis puisi pada peserta didik kelas X SMA Ky Ageng Giri
Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini dikarenakan materi yang diberikan masih
sulit untuk dipahami sebab saat pembelajaran materi puisi masih cenderung
menggunakan metode ceramah dan berpaku pada media buku paket, masih
kurangnya inovasi media pembelajaran yang memudahkan peserta didik
dalam memahami materi. Penerapan media podcast dalam pembelajaran
diharapkan dapat mrningkatkan antusias peserta didik dalam mengikuti
pembelajaran.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Berdasarkan uraian
tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah
penerapan media podcast dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta
didik kelas X SMA Ky Ageng Giri Demak Tahun Pelajaran 2022/2023?
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan media
podcast (siniar) dalam pembelajaran Menulis Puisi pada peserta didik kelas X
SMA Ky Ageng Giri Demak tahun pelajaran 2022/2023.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode yang
pengumpulan data berupa tes dan non tes. Metode tes, peserta didik
mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan materi menulis puisi. Metode
nontes berupa observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMA Ky Ageng Giri
Demak. Sapel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X-3.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia
kelas X-3 dengan penerapan media podcast dianggap berhasil karena nilai
rata-rata peserta didik dalam menulis puisi lebih besar dibandingkan dengan
nilai KKM yang ditentukan yaitu 84>70. Diketahui bahwa tidak ada peserta
didik yang hasil menulis puisi pada rentang nilai 0—52 di kategori kurang,
dua peserta didik di rentang nilai 51—68 dengan kategori cukup dan
memiliki peresentase 7,15%, delapan peserta didik pada rentang nilai 69—84
dengan kategori baik di peresentase 28,57%, pada kategori sangat baik di
rentang nilai 85—100 dengan persentase 64,28% berjumlah delapan belas
peserta didik.
Saran untuk guru, alangkah baiknya dalam pembelajaran diterapkan
media-media yang kreatif dan inovatif sehingga proses belajar mengajar
menjadi lebih menyenangkan dan peserta didik mendapatkan pengalaman
belajar dengan suasana yang baru sehingga diharapkan nantinya tujuan
pembelajaran dapat tercapai dengan semestinya.
Kata Kunci : Penerapan, podcast, menulis puisi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Mar 2024 03:57
Last Modified: 15 Mar 2024 03:57
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2900

Actions (login required)

View Item
View Item