PENGGUNAAN PEWARNA ALAMI DALAM PRODUKSI BATIK DI DESA GONOHARJO KABUPATEN KENDAL DALAM PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI ANGIOSPERMAE BERMUATAN SUSTAINABILITY TERHADAP KOMPETENSI LITERASI SAINS

NOVIANTI, MIA AGNES (2022) PENGGUNAAN PEWARNA ALAMI DALAM PRODUKSI BATIK DI DESA GONOHARJO KABUPATEN KENDAL DALAM PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI ANGIOSPERMAE BERMUATAN SUSTAINABILITY TERHADAP KOMPETENSI LITERASI SAINS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MIA AGNES NOVIANTI 15320094.pdf] Text
MIA AGNES NOVIANTI 15320094.pdf

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK
Masalah utama dalam penelitian ini adalah pelaksanaan kegiatan
pembelajaran IPA kurang melibatkan proses sains yang dapat melatih kemampuan
literasi sains siswa pada aspek kompetensi, sehingga pengembangan kompetensi
literasi sains siswa kurang maksimal. Solusi yang diberikan dalam penelitian ini
berupa penggunaan pewarna alami batik di Desa Gonoharjo pada materi
angiospermae berbasis Project Based Learning. Penelitian ini dilakukan di SMP
N 3 Singorojo Kabupaten Kendal pada semester tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pewarna alami
batik di Desa Gonoharjo dalam pembelajaran Project Based Learning materi
angiospemae bermuatan sustainability berpengaruh terhadap kompetensi literasi
sains. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain
nonequivalent kontrol group. Pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik purpose sampling, yaitu dengan teknik pengambilan sampel
ditentukan berdasarkan pada tujuan dan pertimbangan tertentu. Sampel dalam
penelitian ini adalah VII B sebagai kelas eksperimen dan VII A sebagai kelas
kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes
kompetensi literasi sains dalam bentuk pilihan ganda (6 butir soal). Berdasarkan
hasil uji hipotesis menggunakan analisis tes statistik nonparametrik uji Wilcoxon
yang dilakukan pada data pretest-posttest, diperoleh nilai Sig. 2-tailed (0,001) <
taraf signifikansi (α=0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
signifikan penggunaan pewarna alami batik terhadap kompetensi literasi sains
siswa. Selain itu, hasil rata-rata uji N-Gain (0,6199) menunjukkan adanya
peningkatan yang masuk dalam kategori sedang pada aspek kompentesi literasi
sains siswa (menjelaskan fenomena secara ilmiah; mengevaluasi dan merancang
penyelidikan ilmiah; menginterpretasikan data dan bukti-bukti ilmiah).
Kata kunci: pewarna alami batik, project based learning, sustainability,
kemampuan literasi sains, aspek kompetensi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Mar 2024 03:19
Last Modified: 15 Mar 2024 03:19
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2888

Actions (login required)

View Item
View Item