Widiastuty, Meilinda Nikmah (2022) REGULASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MIPA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 TAYU. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Meilinda Nikmah Widiastuty 18320031.pdf
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang biasa
digunakan sebagai media pembelajaran dan pandemi covid-19 yang membuat
perubahan pada berbagai sektor termasuk sektor pendidikan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui regulasi diri dan motivasi belajar siswa serta
hubungan antara regulasi dengan motivasi belajar siswa kelas X MIPA pada mata
pelajaran biolgi.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tayu pada siswa kelas X MIPA.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif desktiptif. Teknik pengambilan
sampel menggunakan simple random sampling yaitu pengambilan sampel secara
acak dari populasi karena populasi dianggap homogen. Teknik pengumpulan data
pada penelitian ini adalah kuesioner/angket dan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa regulasi diri
(self regulation) peserta didik berada pada kategori tinggi. Hal ini ditunjukkan
oleh data yaitu subjek dengan tinggi lebih banyak dibandingkan dengan kategori
yang lain yaitu sebanyak 72% atau 43 orang. Motivasi belajar peserta didik
berada pada kategori tinggi. Hal ini ditunjukkan oleh data yaitu subjek dengan
kategori tinggi lebih banyak dibandingkan dengan kategori yang lain yaitu
sebanyak 63% atau 38 orang. Selain itu, terdapat hubungan positif antara regulasi
diri dengan motivasi belajar siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Tayu. Hal ini
ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,740 yang itu berarti koefisien
determinasinya memiliki hubungan yang kuat, sedangkan r2
sebesar 0,548 dengan
koefisien determinan r2
sebesar 0,548 ini berarti bahwa 54,8% sumbangan efektif
terhadap motivasi belajar siswa diperoleh dari regulasi diri siswa.
Kata Kunci : Regulasi diri, motivasi belajar, mata pelajaran biologi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 02:31 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 02:31 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2862 |