PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANDROID PACKAGE KIT BERBASIS PMRI YANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP KELAS IX PADA MASA NEW NORMAL

Hindrawati, Mega (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANDROID PACKAGE KIT BERBASIS PMRI YANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP KELAS IX PADA MASA NEW NORMAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa disebabkan oleh
penggunaan model dan media pembelajaran yang masih bersifat konvensional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Android
Package Kit berbasis PMRI yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kreatif siswa SMP kelas IX. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian Research and Development. Model yang digunakan dalam
penelitian pengembangan ini yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP
Negeri 6 Pati. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji
homogenitas, uji kemampuan berpikir kreatif, uji kepraktisan produk, dan uji
keefektifan produk. Hasil dari penelitian ini yaitu media pembelajaran Android
Package Kit berbasis PMRI yang berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif
siswa SMP kelas IX dinyatakan: (1) Valid digunakan menurut para ahli media
sebesar 92,2% dan ahli materi sebesar 92% dengan kategori sangat baik, (2) Praktis
digunakan menurut respon siswa sebesar 83,2% dan respon guru sebesar 85% yang
berada dalam pada kategori sangat baik, (3) Efektif digunakan dengan rata-rata
kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sebesar 3,53 (sangat baik),
aktivitas siswa dalam pembelajaran mencapai 81,4% (Aktif), dan ketuntasan belajar
klasikal mencapai 85% (tuntas). Selain itu, juga terdapat peningkatan kemampuan
berpikir kreatif pada kelas eksperimen sebesar 0,681 dalam kategori sedang dan
kelas kontrol meningkat sebesar 0,199 dalam kategori rendah, sehingga
peningkatan kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen lebih baik daripada
kelas kontrol. Jadi, pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran
Android Package Kit lebih baik daripada pembelajaran konvensional.
Kata kunci : Media Pembelajaran, PMRI, Kemampuan Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:14
Last Modified: 15 Mar 2024 02:14
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2852

Actions (login required)

View Item
View Item