PUTRI, ALMAWATI AMELIA (2022) INTERFERENSI BAHASA JAWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 13 TEGAL TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ALMAWATI AMELIA PUTRI 18410023.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pada tuntutan bahwa di dalam konteks
pembelajaran berbahasa yang baik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah
berbahasa yang sesuai kaidah dan interferensi merupakan kesalahan di dalam
berbahasa. Interferensi yang terjadi adalah interferensi bahasa Jawa dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia. Dengan latar belakang masalah tersebut, perlu
dianalisis sejauh mana kesalahan tersebut terjadi pada peserta didik Kelas VIII di
SMP Negeri 13 Tegal Tahun Ajaran 2021/2022.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana interferensi
Bahasa Jawa terhadap Bahasa Indonesia dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
peserta didik Kelas VIII di SMP Negeri 13 Tegal Tahun Ajaran 2021/2022 ?.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis
interferensi Bahasa Jawa terhadap Bahasa Indonesia dalam pembelajaran Bahasa
Indonesia peserta didik Kelas VIII di SMP Negeri 13 Tegal Tahun Ajaran
2021/2022.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah intralingual error
analysis atau metode padan intralingual. Metode pungumpulan data menggunakan
simak rekam dan catat. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Simak
Bebas Libat Cakap (SBLC), teknik rekam, dan teknik catat.
Dari analisis akhir yang dilakukan ditemukan bahwa bentuk-bentuk
interferensi Bahasa Jawa dalam Bahasa Indonesia yang terjadi pada pembelajaran
Bahasa Indonesia kelas VIII di SMPN 13 Tegal sebagai berikut: (1) Bentuk
Interferensi fonologi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di SMPN
13 Tegal yang disebabkan oleh faktor Perubahan bunyi konsonan dan penggantian
bunyi konsonan. Hal ini terjadi sebagaimana pada percakapan kesatu dan kedua;
(2) Bentuk interferensi morfologi dalam penelitian ini yang dibentuk karena
adanya unsur Bentuk Dasar, Unsur Afiks, dan Pola Reduplikasi. Hal ini terlihat
pada percakapan ketiga, keempat, dan kelima; (3) Bentuk Interferensi leksikal
pada penelitian ini, yang disebabkan oleh: (a) nomina atau kata benda (tembung
aran) dan (b) adjektiva atau kata sifat (tembung sipat); Bentuk Interferensi
sintaksis yang terjadi pada penelitian ini, yang disebabkan oleh terjadinya 2
faktor, yaitu: (1) Interferensi terjadi pada penggunaan sintaks akhiran; dan (b) kata
sapaan. Dan faktor penyebab interferensi Bahasa Jawa terhadap Bahasa Indonesia
dalam pembelajaran Bahasa Indonesia peserta didik Kelas VIII di SMP Negeri 13
Tegal Tahun Ajaran 2021/2022 adalah faktor kedwibahasaan dan kebiasaan.
Kata Kunci: Interferensi Bahasa Jawa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 02:09 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 02:09 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2851 |