PENGARUH MANAJEMEN WAKTU, SELF-EFFICACY, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA S1 UNIVERSITAS PGRI SEMARANG ANGKATAN 2018 DAN 2019 SELAMA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS DARING

Khoirunnisa, Almaila (2022) PENGARUH MANAJEMEN WAKTU, SELF-EFFICACY, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA S1 UNIVERSITAS PGRI SEMARANG ANGKATAN 2018 DAN 2019 SELAMA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS DARING. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Almaila Khoirunnisa 18810058.pdf] Text
Almaila Khoirunnisa 18810058.pdf

Download (1MB)

Abstract

ALMAILA KHOIRUNNISA. NPM 18810058. “Pengaruh Manajemen Waktu,
Self-Efficacy, dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa S1
Universitas PGRI Semarang Angkatan Tahun 2018 dan 2019 Selama Pelaksanaan
Pembelajaran Berbasis Daring”. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2021.
Penelitian ini dilatarbelakangi karena terjadinya implementasi dari sistem
pembelajaran berbasis daring yang dilakukan mahasiswa UPGRIS sehingga merubah
berbagai aspek seperti manajemen waktu, self-efficacy (efikasi diri), dan juga
motivasi belajar. Beberapa perubahan pada aspek tersebut diduga dapat
mengakibatkan perubahan pada hasil prestasi mahasiswa. Maka tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh dari manajemen waktu, self-efficacy,
dan motivasi belajar terhadap prestasi mahasiswa S1 Universitas PGRI Semarang
angkatan 2018, dan 2019 selama pelaksanaan pembelajaran berbasis daring.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sumber data
primer. Data di dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner
kepada 363 responden yaitu mahasiswa S1 Universitas PGRI Semarang angkatan
tahun 2018 dan 2019 program studi non teknik dan non praktikum. Teknik yang
digunakan dalam pengujian data adalah uji asumsi klasik dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan variabel manajemen waktu memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa, sedangkan self-efficacy
tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa,
serta motivasi belajar memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap prestasi
akademik mahasiswa.
Kata kunci: Manajemen waktu, self-efficacy, motivasi belajar, prestasi akademik
mahasiswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:06
Last Modified: 15 Mar 2024 02:06
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2850

Actions (login required)

View Item
View Item