Nofita, Mega Dwi (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Ditinjau Dari Adversity
Quotient(AQ) Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pola
Bilangan
Mega Dwi Nofita
Program Studi Pendidikan Matematika
[email protected]
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis
kemampuan berpikir kreatif siswa SMP ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) dalam
memecahkan masalah matematika. Subjek penelitian ini berjumlah tiga siswa. Siswa
diberi tes angket AQ untuk mendapatkan tiga subjek yaitu siswa dengan AQ Climber, AQ
Camper, dan AQ Quitter. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket AQ, tes
kemampuan memecahkan masalah, dan pedoman wawancara untuk memunculkan
kemampuan berpikir kreatif siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian
data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan
sebagai berikut: (1) siswa dengan AQ camper memiliki kemampuan berpikir kreatif
sedang. Siswa hanya mampu memunculkan tiga indikator saja yaitu fluency siswa
mampu memahami dan memberikan informasi, Flexibelity siswa mampu menentukan
langkah yang digunakan walaupun sederhana, originality siswa menyelesaikan
permasalahan menurut pemikirannya dalam menentukan jawaban, (2) siswa dengan AQ
quitter memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah. Siswa hanya memunculkan
indikator flexibelity saja yaitu mampu untuk memahami menentukan langkah apa yang
digunakan untuk mengerjakan soal tetapi tidak selaras dengan apa yang dikerjakan. (3)
Siswa dengan AQ climber memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi. Siswa mampu
memenuhi indikator fluency yaitu memahami soal dan diubah menjadi kalimat
matematika, flexibelity subjek mampu menentukan langkah pengerjaan dengan runtut,
originality subjek mampu menentukan jawaban sesuai pemikirannya, dan elaboration
siswa mampu menentukan lebih dari satu jawaban dalam mengerjakannya.
Kata kunci : berpikir kreatif; Adversity Quotient; kemampuan memecahkan masalah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 02:08 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 02:08 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2849 |