Ardhiani, Alifia Fadhilatul (2022) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR HONEY DAN MUMFORD PADA SISWA SMP. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ALIFIA FADHILATUL A 18310105.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang mempunyai tujuan
untuk mengetahui pemahaman konsep materi teorema Pythagoras pada siswa
SMP yang ditinjau dari gaya belajar Honey dan Mumford. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bojong. Subjek dalam penelitian ini diambil dari
kelas VIII yang terpilih yaitu kelas VIIIi, kemudian kelas VIIIi diberikan link
angket gaya belajar Honey dan Mumford. Berdasarkan angket tersebut diambil 8
siswa yang terdiri dari 2 siswa dengan gaya belajar aktivis, 2 siswa dengan gaya
belajar reflektor, 2 siswa dengan gaya belajar teoritis, dan 2 siswa dengan gaya
belajar pragmatis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian
angket gaya belajar Honey dan Mumford untuk menentukan subjek serta tes
tertulis pemahaman konsep dan wawancara untuk mendapatkan informasi
mengenai sejauh mana pemahaman konsep yang dimiliki oleh siswa. Teknik
analisis data yang dilakukan dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data,
serta
kesimpulan.
Kemudian
teknik
pemeriksaan
keabsahan
datanya
menggunakan triangulasi metode. Indikator pemahaman konsep yang digunakan
dalam penelitian ini ada tiga indikator, yaitu : (1) Menyatakan ulang sebuah
konsep atau menggolongkan objek sesuai dengan konsepnya, (2) Menggunakan,
memanfaatkan atau memilih prosedur serta mengaplikasikan konsep sesuai
dengan algoritma, dan (3) Mengemukakan konsep ke dalam bermacam – macam
bentuk representasi matematis (gambar, model matematika, grafik, tabel,
diagram). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, menunjukkan : (1)
Kedua siswa dengan gaya belajar aktivis mampu memenuhi indikator pertama dan
ketiga. (2) Salah satu siswa dengan gaya belajar reflektor mampu memenuhi
indikator pertama dan kedua, sedangkan siswa satunya memenuhi indikator
pertama dan ketiga. (3) Salah satu siswa dengan gaya belajar teoritis mampu
memenuhi indikator pertama, sedangkan siswa satunya memenuhi indikator
pertama dan ketiga. (4) Kedua siswa dengan gaya belajar pragmatis mampu
memenuhi indikator pertama dan ketiga.
Kata Kunci : Gaya Belajar Honey dan Mumford; Pemahaman Konsep; Teorema
Pythagoras
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 01:58 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 01:58 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2843 |