Ridho, Ali (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTU ADOBE ANIMATE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Ali Ridho 18310091.pdf
Download (9MB)
Abstract
Literasi matematika siswa-siswi Indonesia berdasarkan penilaian PISA dan
PIRLS masih berada pada kategori rendah. Dari sini penelitian mempunyai tujuan
untuk mengembangkan media pembelajaran berbantu Adobe Animate yang valid,
efektif, dan praktis untuk meningkatakan literasi matematika. Penelitian ini
menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE. Model
ini, terdiri dari lima fase atau tahap utama, yaitu analysis untuk memperoleh
informasi mengenai kebutuhan dalam media, design ini mempunyai 2 tahap yaitu
meyusun desain pembelajaran dan pembuatan instrumen penelitian, development
ini dapat menentukan valid atau tidak berdasarkan validator ahli, implementation
ini dapat menentukan produk yang telah di uji keefektifitasannya dari berbagai
pengujian dan serta sudah dilakukan revisi, evaluation ini dapat menentukan
kepraktisan berdasarkan angket pengguna dari siswa. Hasil penelitian didapat
kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan media berbantu software Adobe
Animate valid, efektif, praktis, dan penggunaan media berbantu software Adobe
Animate lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi
persamaan garis lurus.
Kata Kunci: Literasi matematika, Media Pembelajaran, Adobe Animate.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 01:47 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 01:47 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2834 |