KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN KAHOOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 BLORA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

SAFITRI, MARLINA DWI (2022) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN KAHOOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 BLORA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MARLINA DWI SAFITRI 18410101.pdf] Text
MARLINA DWI SAFITRI 18410101.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurang minatnya peserta didik dalam
mengikuti pembelajaran dengan materi teks eksplanasi. Peserta didik memiliki
kesulitan dalam menuangkan ide dan gagasannya dalam menulis teks eksplanasi.
Dengan kondisi tersebut maka diperlukan adanya media pembelajaran yang dapat
membangkitkan semangat dan motivasi peserta didik untuk mengikuti
pembelajaran dan memahami materi teks eksplanasi hingga bisa menulis sebuah
teks eksplanasi sesuai dengan ide dan gagasan yang dimiliki peserta didik kelas
XI SMA Negeri 2 Blora Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan menggunakan
Kahoot sebagai media pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah keefektifan
penggunaan Kahoot sebagai media pembelajaran dalam menulis teks eksplanasi
pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Blora tahun pelajaran 2022/2023?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan Kahoot
sebagai media pembelajaran dalam menulis teks eksplanasi pada peserta didik
kelas XI SMA Negeri 2 Blora tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan
kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik cluster
sampling dengan populasi penelitian seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 2
Blora, serta sampelnya adalah kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol dan kelas
XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan datanya menggunakan
teknik tes dan nontes, serta teknik analisis data menggunakan normalitas
homogenitas untuk uji hipotesis.
Hasil dari perhitungan hipotesis menunjukkan bahwa sig. (2-tailed)
sebesar 0,002. Oleh karena hal tersebut maka didapatkan hasil sig. (2-tailed)
(0,002) < Alpha penelitian (0,05) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan
demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan aplikasi Kahoot sebagai
media pembelajaran efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks
eksplanasi pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Blora tahun pelajaran
2022/2023.
Saran yang dapat penulis sampaikan kepada pendidik yaitu pendidik dapat
menggunakan Kahoot sebagai alternatif media pembelajaran dalam menulis teks
eksplanasi agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Adapun saran kepada peserta
didik yaitu hendaknya dapat memperbanyak banyak lagi latihan dalam menulis
teks eksplanasi yang disesuaikan dengan struktur dan kebahasaan dalam teks.
Kata kunci: eksplanasi, kahoot, kahoot sebagai media pembelajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 06:57
Last Modified: 14 Mar 2024 06:57
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2799

Actions (login required)

View Item
View Item