Zulfani, Dilla (2022) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DARING MENULIS TEKS PROSEDUR BERBASIS MEDIA ZOOM PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 34 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Dilla Zulfani 17410018 .pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Dilla Zulfani. NPM 17410018. Keefektifan Pembelajaran Daring Menulis
Teks Prosedur Berbasis Media Zoom pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri
34 Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa
dan Seni. Pembimbing I Dr. Agus Wismanto, B.Sc., S.Pd., M.Pd., dan
Pembimbing II Mukhlis, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya penyesuaian terhadap
pembelajaran yang dilakukan secara daring akibat penyebaran virus Covid-19.
Melihat kondisi seperti itu perlu diupayakan mengefektifkan pembelajaran oleh
pendidik, salah satunya dengan menulis teks prosedur berbasis media Zoom pada
peserta didik SMP Negeri 34 Semarang tahun pelajaran 2021/2022. Media dan
aplikasi yang digunakan dapat menyesuaikan kebutuhan dan tujuan belajar
peserta didik yakni mampu mengupayakan pembelajaran secara daring dengan
baik. Media atau model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran
daring dengan aplikasi media berbasis Zoom.
Rumusan masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimanakah
keefektifan pembelajaran daring menulis teks prosedur berbasis media Zoom
pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 34 Semarang tahun pelajaran
2021/2022? Adapun tujuan penelitian ini mendeskripsikan keefektifan
pembelajaran daring menulis teks prosedur berbasis media Zoom pada peserta
didik kelas VII SMP Negeri 34 Semarang tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini merupakan penelitian true experimental yang berfokus pada
posstest only control design dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random
sampling dengan populasi penelitian seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri
Semarang sedangkan sampelnya adalah peserta didik kelas VII A dan VII C.
Teknik pengambilan data penelitian ini yaitu teknik tes dan nontes.
Setelah diklasifikasikan, Hasil uji statistik F dapat dilihat F hitung sebesar
32,515 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,001. Berdasarkan tabel
tersebut (uji-t) maka Variabel pembelajaran daring zoom memperoleh nilai beta
0,226 ke arah positif dengan tingkat signifikansi 0,230 > 0,05 maka H1 diterima.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara aktif variabel pembelajaran daring
zoom positif dan signifikan terhadap keaktifan.
Saran, lebih memahami karakteristik peserta didik, agar tahu metode atau
konsep apa saja yang sekiranya efektif untuk melakukan peraktik belajar
mengajar. Berani juga melakukan terobosan baru untuk eksplor metode yang
efektif untuk pembelajaran.
Kata kunci: pembelajaran daring, menulis, teks prosedur, zoom.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 04:58 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 04:58 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2779 |