Budiningrum, Marhenny (2022) KOHESI DAN KOHERENSI DALAM TEKS PERSUASI KARYA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MARHENNY BUDININGRUM 18410153.pdf
Download (769kB)
Abstract
ABSTRAK
Budiningrum, Marhenny. 18410153. “Kohesi dan Koherensi dalam Teks
persuasi Karya Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Kendal Tahun Pelajaran
2021/2022”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. Universitas PGRI Semarang. Dosen
Pembimbing I Dr. Nanik Setyawati, S.S., M.Hum. dan Dosen Pembimbing II Dr.
Ika Septiana, S.Pd., M.Pd. Oktober 2022.
Penelitian ini dilatarbelakangi atas pentingnya penggunaan penanda
kohesi dan koherensi dalam suatu wacana tulis terutama berupa teks. Adapun
pada hasil penulisan teks persuasi karya peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1
Kendal Tahun Pelajaran 2021/2022 tampak kesulitan dalam mengorganisasikan
gagasan ke dalam bahasa yang padu dan sesuai dengan kaidah kebahasaan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa sajakah penanda kohesi
dan koherensi dalam teks persuasi karya peserta didk kelas VIII SMP Negeri 1
Kendal Tahun Pelajaran 2021/2022?. Adapun tujuan penelitian untuk
mendeskripsikan penanda kohesi dan koherensi dalam teks persuasi karya peserta
didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kendal Tahun Pelajaran 2021/2022.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif metode
deskriptif. Penyediaan data dilakukan dengan metode simak dan teknik catat.
Metode simak dilakukan dengan menyimak penggunaan bahasa, sedangkan teknik
catat adalah pencatatan pada kartu data yang segera dilanjutkan dengan
klasifikasi. Metode yang digunakan dalam teknik analisis data adalah teknik
metode agih. Penyajian hasil analisis data dilakukan dengan cara informal yaitu
dalam bentuk naratif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat variasi penggunaan penanda
kohesi dan koherensi dalam teks persuasi karya peserta didik kelas VIII SMP
Negeri 1 Kendal Tahun Pelajaran 2021/2022 antara lain yaitu bentuk penanda
kohesi diklasifikasikan menjadi kohesi gramatikal dan leksikal. Kohesi gramatikal
ditemukan penanda berupa pronomina, substitusi, elepsis, dan konjungsi.
Sedangkan kohesi leksikal terdiri dari repetisi, sinonim, antonim, hiponim,
kolokasi, dan ekuivalensi. Kemudian ditemukan empat belas aneka sarana
koherensi keutuhan wacana dari segi makna. Saran yang dapat disampaikan
adalah diperlukan kegiatan evaluasi terhadap hasil teks karya peserta didik
mengenai kaidah penulisan yang baik dan benar supaya dapat membiasakan
peserta didik untuk menulis yang padu sesuai kaidah kebahasaan.
Kata kunci: kohesi gramatikal, kohesi leksikal, koherensi, teks persuasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 04:28 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 04:28 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2766 |