EFEKTIVITAS PERPADUAN PBL DAN TIME TOKEN DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMANDIRIAN SISWA PADA MATERI VIRUS

Windasari, Margaretha Fiorentina Mega (2022) EFEKTIVITAS PERPADUAN PBL DAN TIME TOKEN DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMANDIRIAN SISWA PADA MATERI VIRUS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Margaretha Fiorentina Mega Windasari 16320060).pdf] Text
Margaretha Fiorentina Mega Windasari 16320060).pdf

Download (2MB)

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efetivitas perpaduan model
PBL dan time token terhadap hasil belajar kognitif dan kemandirian siswa pada
pembelajaran daring materi virus. Jenis penelitian yang digunakan adalah
kuantitatif dengan metode Quasi Experiment Design, sedangkan desain penelitian
yang digunakan adalah Non-quivalent Control Group Design. Penelitian
dilaksanakan di SMAN Batangan Pati. Waktu penelitian dilaksanakan semester
ganjil tahun ajaran 2021/2022, pada bulan September 2021. Sampel penelitian ini
adalah siswa kelas X-MIPA 2 yang berjumlah siswa dan X-MIPA 3 yang
berjumlah siswa 60. Hasil penelitian persentase uji N-gain pada kelas eksperimen
37% lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 21%. Persentase kemandirian siswa
mencapai kategori tinggi yaitu sebesar 71%. Didukung dengan hasil uji statistik
diperoleh nilai 0,005 dengan taraf signifikansi (0,005 < 0,005) sehingga
H1 diterima. Maka dapat disimpulkan perpaduan PBL (Problem Based Learning)
dan Time Token dinyatakan efektif terhadap hasil belahar dan kemandirian siswa
pada materi virus.
Kata Kunci : PBL, time token, hasil kognitif, kemandirian

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 04:22
Last Modified: 14 Mar 2024 04:22
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2760

Actions (login required)

View Item
View Item