EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA BERBANTUAN ADOBE ANIMATE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Wardana, Jaka Wisnu (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA BERBANTUAN ADOBE ANIMATE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of JAKA WISNU WARDANA 18310126.pdf] Text
JAKA WISNU WARDANA 18310126.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan
pendekatan
etnomatematika
yang
berbantuan
Adobe
Animate
untuk
meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa SMP. Objek etnomatematika
yang digunakan dalam penelitian ini adalah candi Arjuna yang ada di
Banjarnegara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi
eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1
Wanadadi tahun pelajaran 2022/2023 dengan sampel penelitian yang diambil dua
kelas secara acak yaitu kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX C
sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui tes setelah diolah dan diuji dengan
uji satu pihak, uji ketuntasan belajar dan uji regresi linier sederhana. Hasil analisis
uji t satu pihak diperoleh yaitu , maka ditolak
sehingga terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Uji
ketuntasan belajar diperoleh yaitu , maka
sehingga kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar. Hasil uji regresi linear
sederhana diperoleh dan yaitu , maka
ditolak sehingga terdapat pengaruh positif antara keaktifan siswa dan
pemahaman konsep siswa.
Kata kunci: Etnomatematika; Pemahaman Konsep Matematika; Adobe Animate

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 04:15
Last Modified: 14 Mar 2024 04:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2758

Actions (login required)

View Item
View Item