FARIDA, AULIA ISNA (2022) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MANAJEMEN DIRI DENGAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI SMA ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
AULIA ISNA 18110034 .pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
AULIA ISNA FARIDA. NPM 18110034. “Hubungan Antara Manajemen Diri
Dengan Kedisiplinan Siswa Kelas XI SMA Islam Ta’allumu Huda Bumiayu”.
Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dra. Wiwik Kusdaryani, M.Pd. dan
pembimbing II Farikha Wahyu Lestari, S.Pd., M.Pd. 2022
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih ada siswa yang
belum mengetahui manajemen diri bahkan masih ada beberapa siswa yang
melanggar peraturan tata tertib yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah. Hal ini
menyebabkan siswa tidak mampu mengetahui hubungan antara manajemn diri dan
kedisiplinan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara manajemen diri
dengan kedisiplinan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuantitatif korelasional dengan metode ex-post facto. Instrumen yang digunakan
adalah skala psikologis dengan model skal Likert. Uji validitas instrument dalam
penelitian ini menggunakan rumus korelasi Prodict Moment dan uji reliabilitas
instrument menggunakan rumus Alpha Cronbach.
Populasi data dalam penelitian ini sejumlah 184 siswa, meliputi kelas XI MIPA
1, XI MIPA 2, XI MIPA 3, XI IPS 1, XI IPS 2, XI BAHASA. Teknik sampling
yang digunakan dalam penelitian ini berupa teknik random sampling.
Hasil analisis deskriptif pada skala manajemen diri menunjukan kategori tinggi
tinggi (87,8%) dengan jumlah siswa frekuensi sebanyak 108 siswa. Siswa yang
lainnya mempunyai manajemen diri pada kategori rendah (10,6%) dengan jumlah
frekuensi siswa sebanyak 13 siswa, siswa yang memiliki tingkat kategori sangat
rendah (1,6%) dengan jumlah 2 siswa. Sedangkan kedisiplinan siswa yang memiliki
kategori tingkat tinggi (84,4%) dengan jumlah siswa 105, siswa yang memiliki
kategori tinggkat redah (14,6%) dengan jumlah siswa sebanyak 18. Sedangkan
tidak ditemukan siswa yang memiliki tingkat kategori sangat rendah.
Hasil analisis Rank Spearman yang diperoleh nilai signifikansi 0,000<0,05
nilai r sebesar 0,556 pada taraf signifikansi 5%, maka hipotesis menyatakan ada
hubungan yang positif antara manajemen diri dengan kedisiplinan bisa diterima dan
dapat diartikan jika semakin tinggi manajemen diri maka semakin tinggi juga
kedisiplinan siswa. Begitupun dengan sebaliknya semakin rendah manajemen diri
maka semakin rendah juga kedisiplinan siswa.
Saran untuk guru BK dengan tingkat manajemen diri dan kedisiplinan siswa
yang tinggi, maka sebagai guru BK harus mampu untuk membantu atau
mengingatkan agar manajemen diri dan kedispinan yang sudah dimiliki oleh siswa
tetap dipertahankan.
Kata Kunci: Hubungan, Manajemen Diri, Kedisiplinan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 03:37 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 03:37 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2739 |