Purnama, Indrianika (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBANTUAN WOLFRAM MATHEMATICA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
INDRIANIKA PURNAMA 18310081.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Kemampuan literasi matematika salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh
siswa. Dalam mengembangkan kemampuan literasi dibutuhkan perangkat
pembelajaran berupa modul yang inovatif yang dapat membantu proses
pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Salah
satu solusi adalah mengembangkan modul berbantuan Wolfram Mathematica yang
dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah modul pembelajaran
berbantuan Wolfram Mathematica yang valid, praktis dan efektif untuk
meningkatkan kemampuan literasi matematika pada materi aritmatika sosial.
Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII dan sampel siswa kelas VII E
dan VII G SMP Negeri 2 Nalumsari Jepara. Jenis penelitian merupakan penelitian
pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Tahap Analysis diketahui bahwa
kebutuhan siswa dan guru yaitu modul pembelajaran inovatif yang bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Tahap Design rancangan
awal modul yang dikembangkan, menentukan kompetensi, cakupan materi. Tahap
Development, pengembangan modul berdasarkan desain awal, melakukan uji
validasi kepada ahli media dan ahli materi dengan hasil untuk ahli media modul
dinyatakan valid sebesar 91,7% untuk aspek umum, penyajian modul, bahasa, dan
grafik sedangkan ahli media sebesar 89,55% untuk aspek umum, substansi materi,
dan desain modul dengan kriteria keduanya sangat baik. Tahap Implementation
modul dinyatakan praktis dengan skor penilaian angket respon siswa untuk aspek
penyajian modul, materi, kebahasan, contoh soal, dan latihan soal sebesar 90,7%
pada kriteria sangat baik. Modul efektif digunakan dalam meningkatkan
kemampuan literasi matematika berdasarkan koefisien N-Gain Sebesar 0,659 pada
kategori sedang dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 60%. Sehingga
disimpulkan bahwa modul berbantuan Wolfram Mathematica dapat meningkatkan
literasi matematika dalam proses pembelajaran matematika.
Kata Kunci: Modul, Wolfram Mathematica, Literasi Matematika
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 03:33 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 03:34 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2735 |