WULANDARI, HESTI DYAH (2022) GAYA BAHASA DALAM NOVEL SAGALA KARYA ANASTIA B SIMARMATA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SASTRA DI SMA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
HESTI DYAH WULANDARI 18410133.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Hesti Dyah Wulandari “Gaya Bahasa dalam Novel Sagala Karya Anastia
B Simarmata sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di SMA”, Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni,
Mei 2022. Penelitian ini dilatarbelakangi pada buku novel Sagala karya Anastia B
Simarmata terdapat gaya bahasa. Minimnya pengetahuan tentang ragam gaya
bahasa mendorong peneliti untuk melakukan penelitian. Penggunaan kata yang
indah dan subjudul yang menarik, menjadikan novel ini menarik untuk dibaca dan
diapresiasi dengan baik. Anastia B Simarmata menggunakan gaya bahasa yang
indah dan mudah dipahami oleh pembaca. Hal ini sesuai dengan kemampuan
peserta didik SMA. Oleh karena itu, novel ini dapat digunakan sebagai alternatif
bahan ajar sastra di SMA.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gaya bahasa
dalam novel Sagala karya Anastia B Simarmata? Dan bagaimana gaya bahasa
dalam novel Sagala karya Anastia B Simarmata sebagai alternatif bahan ajar
sastra di SMA? Berdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan gaya bahasa dalam novel Sagala karya Anastia B
Simarmata dan mendeskripsikan gaya bahasa dalam novel Sagala karya Anastia B
Simarmata sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA. Pendekatan penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif.
Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik kepustakaan dan
dokumentasi. Hasil analisis data dalam penelitian ini disajikan menggunakan kata-
kata untuk mendeskripsikan data yang telah diperoleh.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat gaya bahasa
berdasarkan gaya bunyi ditemukan adanya gaya bahasa onomatope, asonasi,
aliterasi, efoni, dan kakofoni. Gaya bahasa berdasarkan gaya kata ditemukan
adanya gaya bahasa metafora, personifikasi, dan ambiguitas. Gaya bahasa
berdasarkan gaya kalimat ditemukan adanya gaya bahasa hiperbola. Gaya bahasa
yang mendominasi novel tersebut adalah gaya bahasa metafora. Hasil penelitian
ini akan digunakan sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA pada kelas XII
semester genap, yang terdapat dalam kurikulum 2013 pada KD 3.9 yaitu
“Menganalisis isi dan kebahasaan novel”. Saran yang dapat penulis sampaikan
yaitu hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi penelitian
selanjutnya khsusunya tentang gaya bahasa dalam novel Sagala karya Anastia B
Simarmata sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA.
Kata kunci: gaya bahasa, novel, alternatif, bahan ajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 02:59 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 02:59 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2710 |