PROFIL KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Nurjihad, Ahmad Shoki (2022) PROFIL KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Ahmad Shoki Nurjihad 16310153.pdf] Text
Ahmad Shoki Nurjihad 16310153.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan representasi
matematika siswa kelas VIII SMP Nurul Ulum Semarang dalam menyelesaikan
masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang di ambil adalah 3 siswa kelas VIII
SMP Nurul Ulum Semarang dengan kriteria tipe gaya belajar visual, auditori, dan
kinestetik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek visual memenuhi
semua indikator representasi matematis yaitu representasi visual, persamaan atau
ekpresi matematis, kata-kata atau teks tertulis, dan dapat memahami masalah yang
diberikan dengan menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dari
permasalahan yang diberikan dengan membuat permisalan dari data yang
diketahui kebentuk sesuai soal. Serta dapat menyimpulkan hasil penyelesaian
masalah tersebut dengan menuliskan kesimpulan hasil akhir dengan menggunakan
kata-kata atau teks tertulis dan mampu menyelesaikan masalah dengan
perencenaan dengan baik. Subjek audiotori memenuhi semua indikator
representasi matematis yaitu representasi visual, persamaan atau ekspresi
matematis, kata-kata atau teks tertulis, dan dapat memahami masalah yang
diberikan dengan menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dari
permasalahan yang diberikan dengan membuat permisalan dari data yang
diketahui kebentuk sesuai soal. Serta dapat menyimpulkan hasil penyelesaian
masalah tersebut dengan menuliskan kesimpulan hasil akhir dengan menggunakan
kata-kata atau teks tertulis dan mampu menyelesaikan masalah dengan
perencenaan dengan baik dan benar. Dan subjek kinestetik memenuhi semua
indikator representasi matematis yaitu representasi visual, persamaan atau
ekspresi matematis, kaka-kata atau teks tertulis, dan dapat memahami masalah
yang diberikan dengan menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan
dari permasalahan yang diberikan dengan membuat permisalan dari data yang
diketahui kebentuk sesuai soal. Serta dapat menyimpulkan hasil penyelesaian
masalah tersebut dengan menuliskan kesimpulan hasil akhir dengan menggunakan
kata-kata atau teks tertulis dan menyelesaikan masalah dengan perencenaan
dengan baik namun belum sesuai dengan yang diinginkan oleh peneliti.
Kata Kunci : Profil, Representasi Matematis, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:42
Last Modified: 14 Mar 2024 02:42
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2702

Actions (login required)

View Item
View Item