RACHIM, FIA ANISA (2022) HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI SMA PGRI 2 KAJEN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
FIA ANISA RACHIM 18110147.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Fia Anisa Rachim. NPM 18110147. ”Hubungan antara Self Efficacy dengan
Perencanaan Karir Siswa Kelas XI SMA PGRI 2 Kajen” Skripsi, Program Studi
Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.
Pembimbung I Dr. M.Th.S.R. Retnaningdyastuti., M.Pd, Pembimbing II, Dr. G.
Rohastono Ajie., M.Pd. 2022.
Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya siswa kelas XI yang memiliki
kesulitan dalam merencanakan karir ditandai dengan kebingungan setelah lulus
apakah akan bekerja atau melanjutkan kuliah, kurang mengenal bakat dan minat,
kesulitan mengembangkan potensi yang dimiliki dan merasa cita-cita tidak sesuai
dengan kemampuan yang dimiliki.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat perencanaan karir siswa dan
tingkat self efficacy siswa serta mengetahi hubungan antara self efficacy dengan
perencanaan karir siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif
korelasional dengan metode ex-post facto. Instumen yang dugunakan adalah skala
psikologis dengan model skala Likert. Uji validitas instrumen dalam penelitian ini
menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas instrumen
menggunakan rumus Alpha Cronbach.
Populasi data penelitian sejumlah 99 siswa, meliputi kelas XI MIPA, XI IPS
1, dan XI IPS 2. Sampel uji coba (Try Out) berjumlah 32 Siswa Kelas XI MIPA..
Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling
jenuh.
Hasil analisis deskriptif pada skala self efficacy siswa menunjukan kategori
tinggi tinggi (70,7%) dengan jumlah frekuensi 70 siswa. Dalam kategori rendah
(19,2%) dengan jumlah frekuensi 19 siswa. Dan dalam kategori sangat rendah (1%)
dengan jumlah frekuensi 1 siswa. Kemudian tingkat perencanaan karir pada
kategori tinggi dengan frekuensi sebanyak 70 siswa (70,7%). Kemudian tingkat
perencanaan karir pada kategori sangat tinggi dengan frekuensi 7 siswa (7,1%) dan
sisanya pada kategori rendah dengan frekuensi sebanyak 22 siswa (22,2%).
Hasil analisis data dengan menggunakan rumus Rank Spearman diperoleh
nilai signifikansi 0,000<0,05, nilai r sebesar 0,494 dengan pada taraf signifikansi
5% berarti hipotesa kerja yang menyatakan ada hubungan yang positif antara self
efficacy dengan perencanaan karir diterima. Artinya semakin tinggi tingkat self
efficacy siswa semakin tinggi perencanaan karir siswa. Dan sebaliknya, semakin
rendah tingkat self efficacy siswa semakin rendah perencanaan karir siswa.
Saran kepada guru BK/konselor diharapkan mampu memberikan layanan
untuk meningkatkan atau mempertahankan tingkat self efficacy dan tingkat
perencanaan karir siswa. Saran kepada siswa diharapkan mampu meningkatkan
atau minimal mempertahankan tingkat self efficacy dan tingkat perencanaan karir.
Kata Kunci : Self Efficacy, Perencanaan Karir.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 02:23 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 02:23 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2685 |