HADIANTI, ELSA QOTRUNNADA (2022) NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM FILM SABTU BERSAMA BAPAK KARYA MONTY TIWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA BU NU BUMIAYU. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ELSA QOTRUNNADA HADIANTI 17410064.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran sastra merupakan salah
satu subjek pembelajaran yang meliputi kajian sastra dan keterampilan bersastra.
Nilai pendidikan moral sangat penting untuk dikaji dalam karya sastra khusunya
film berjudul Sabtu Bersama Bapak. Film tersebut mempunyai nilai-nilai
kebaikan maka perlu penerapan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari pada
siswa kelas XI SMA BU NU bumiayu. Sehingga dibentuklah pembelajaran
apresiasi sastra pada siswa kelas XI SMA BU NU Bumiayu, khususnya
pemanfaatan film Sabtu Bersama Bapak sebagai media pembelajaran apresiasi
sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan moral
yang terkandung dalam film Sabtu Bersama Bapak karya monty tiwa dan
mendeskripsikan pemanfaatan film Sabtu Bersama Bapak sebagai media
pembelajaran apresasi sastra pada peserta didik kelas XI SMA BU NU Bumiayu.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskripsi dengan
pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui
dokumentasi dan wawancara kepada responden penelitian menggunakan teknik
purposive sampling. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terbagi
menjadi dua jenis yaitu variabel independen berupa nilai-nilai indikator yang
tercantum dan terkandung pada film Sabtu Bersama Bapak karya Monty Tiwa,
sedangkan variabel terikat berupa penggunaan media yang digunakan guru
dalam pembelajaran apresiasi sastra pada siswa kelas XI SMA BU NU Bumiayu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: terdapat nilai pendidikan moral
dalam film Sabtu Bersama Bapak karya Monty Tiwa yaitu nilai kejujuran, nilai
kedisiplinan, nilai kemandirian, dan nilai tanggung jawab. Pemanfaatan film
melalui media audio visual berupa Film Sabtu Bersama Bapak yang digunakan
guru sebagai media pembelajaran apresiasi sastra memudahkan peserta didik
untuk belajar sastra.
Kata Kunci: Film, Nilai Pendidikan Moral, Media Pembelajaran Apresasi
Sastra
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 08:15 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 08:15 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2673 |