WIDYANTORO, AHMAD APRIZAL (2022) PROFIL KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
AHMAD APRIZAL WIDYANTORO 16310182.pdf
Download (1MB)
Abstract
Representasi merupakan gagasan atau ide pada suatu masalah yang
digunakan siswa dalam menemukan solusi dari suatu masalah. Pentingnya
kemampuan representasi dapat dilihat dari standar kemampuan representasi
yang telah ditetapkan oleh (NCTM, 2000). Penelitian ini bertujuan untuk
mendiskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam pemecahan
masalah program linear ditinjau dari gaya kognitif field independent dan untuk
mendiskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam pemecahan
masalah program linear ditinjau dari gaya kognitif field dependent. Jenis
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah tes Group Embedded Figure Test (GEFT), tes representasi
matematis, dan wawancara. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI MIPA
SMA Negeri 1 Ngawen. Subjek penelitian yaitu dua siswa terdiri dari 2 siswa
gaya kognitif field independent dan field dependent. Teknik pemeriksaan
keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gaya kognitif field independent
diperoleh bahwa memenuhi kemampuan representasi matematis pada indikator
representasi visual subjek mampu menyelesaikan soal dengan menggunakan
grafik, ekspresi matematis subjek mampu dalam menggunakan representasi
ekspresi matematis dan kata-kata subjek mampu menuliskan kesimpulan
berupa kata-kata dalam menyelesaikan masalah, sedangkan gaya kognitif field
dependent diperoleh bahwa kemampuan representasi matematis subjek pada
indikator representasi visual subjek dalam menyajikan representasi grafik
subjek S-2 tidak membuat gambar pada nomor 1 dan 2,ekspresi matematis
subjek mampu menyelesaikan masalah dengan melibatkan ekspresi matematis,
dan yang terakhir represesntasi kata-kata subjek ini belum mampu dalam
menjawab soal dengan menggunakan kata-kata. Sehinggaa diperoleh
kesimpulan subjek dengan gaya kognitif field independent mampu
menggunakan indikator representasi, sedangkan gaya kognitif field dependent
mampu memenuhi indikator ekspresi matematika, tetapi belum memenuhi
indikator visual dan kata-kata.
Kata Kunci: Representasi Matematis, Gaya Kognitif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 07:47 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 07:47 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2645 |