WIJAYA, ELFA HUDA (2022) PENERAPAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) DALAM KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA KELAS IB SDN BANGUNHARJO SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
ELFA HUDA WIJAYA, NPM 18120011, “Penerapan Metode SAS (Struktural
Analitik Sintetik) Dalam Kemampuan Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas IB
SDN Bangunharjo Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2022. Dosen
Pembimbing I Ikha Listyarini, S.Pd., M.Hum. Dosen Pembimbing II Filia Prima
Artharina, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih ada siswa
yang belum bisa menulis huruf, kata, dan kalimat dengan benar, jelas dan rapi.
Dari 27 siswa terdapat 1 siswa yang belum bisa menulis, dan 5 siswa belum hafal
huruf A-Z.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode
SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam kemampuan menulis permulaan pada
siswa kelas IB SDN Bangunharjo Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui penerapan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Dalam
Kemampuan Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas IB SDN Bangunharjo
Semarang.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, Pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan dengan metode (1) wawancara (2) observasi, dan (3)
angket. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IB SDN Bangunharjo Semarang.
Setelah penerapan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam kemampuan
menulis permulaan pada siswa kelas IB SDN Bangunharjo Semarang dengan
jumlah 27 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan,
terdapat 1 siswa dari 27 yang belum bisa menulis huruf, kata, dan kalimat dengan
benar, jelas, dan rapi, dan 5 siswa belum hafal huruf A-Z.
Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah bagi guru
dapat memilih metode dari beberapa metode yang ada dalam pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia di kelas rendah dan menerapkan metode pembelajaran yang
aktif dan bermakna sesuai materi yang diajarkannya, khususnya metode SAS
(Struktural Analitik Sintetik) ini sangat membantu dan diterapkan dalam
mengajarkan siswa menulis permulaan. Bagi siswa hendaknya memperbanyak
latihan menulis untuk meningkatkan kemampuan menulis dan memiliki waktu
khusus untuk kebiasaan menulis agar lancar dalam menulis.
Kata Kunci: Penerapan Metode SAS (Struktur Analitik Sintetik), Menulis Pemula
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 07:17 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 07:17 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2623 |