Qauliyah, Dewi Sesanti (2022) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
DEWI SESANTI QAULIYAH 18310093.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Rendahnya literasi matematika peserta didik kelas X SMA Negeri 1
Mranggen, disebabkan karena tidak terbiasa dengan soal literasi matematika serta
lemahnya memahami masalah. Pembelajaran problem based learning berbasis
etnomatematika diharapkan menjadi solusi dari masalah tersebut. Tujuan
penelitian ini untuk menentukan efektifitas model problem based learning
bernuansa etnomatematika terhadap kemampuan literasi matematika.
Penelitian Yang Digunakan Adalah Metode Penelitian Kuntitatif. Teknik
Pengambilan Sampel Menggunakan Cluster Random Sampling. Pengumpulan
Data Menggunakan Hasil Pretest Dan Posttest. Penelitian dilaksanakan pada kelas
X 8 dengan treatment pembelajaran PBL berbasis etnomatematika dan kelas X 5
dengan treatmen pembelajaran PBL. Data kuantitatif diuji menggunakan one
sample t-tes, paired-samples t-test, independen-samples t-test.
Hasil penelitian menunjukkan Model problem based learning berbasis
etnomatematika efektif terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik
Hal Tersebut Ditunjukkan Dengan; (1) Nilai Rata-Rata Peserta Didik Yang
Mendapatkan
Perlakuan
Model
Problem
Based
Learning
Berbasis
Etnomatematika Mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal Secara Individu Dan
Klasikal (2) Kemampuan litrasi matematika setelah peserta didik mendapatkan
perlakuan model PBL berbasis etnomatematika sebagian besar mengalami
kenaikan dengan kriteria sedang yaitu 71% dan tinggi 6% berdasarkan N-gain.
(3) Ditunjukkan Bahwa N-Gain Kemampuan Litrasi Matematika Pada Kelas
Yang Mendapatkan Perlakuan Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika
Lebih Baik Dari Kelas Yang Mendapatkan Perlakuan Problem Based Learning.
Kata Kunci: Etnomatematika, Literasi Matematika, problem based learning
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 07:11 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 07:11 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2617 |