HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP N 2 JUNTINYUAT KABUPATEN INDRAMAYU

Febriani, Amelia (2022) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP N 2 JUNTINYUAT KABUPATEN INDRAMAYU. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AMELIA FEBRIANI  18110068 .pdf] Text
AMELIA FEBRIANI 18110068 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Amelia Febriani. NPM 18110068. “Hubungan Kecerdasan Emosi dengan
Keterampilan Sosial Siswa Kelas VIII SMP N 2 Juntinyuat Kabupaten
Indramayu”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I :
Dr.M.Th.S.R.Retnaningdyastuti.M.Pd. pembimbing II : Desi Maulia., S.Psi.,
M.Psi.,Psikolog.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang kurang maksimal dalam
mengembangkan kecerdasan emosi dan keterampilan sosial. Hal tersebut
disebabkan karena siswa kurang mampu mengontrol emosi dalam diri dan kurang
mampu untuk menjalin hubungan baik dengan orang lain.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara
kecerdasan emosi dengan keterampilan sosial siswa kelas VIII SMP N 2
Juntinyuat Kabupaten Indramayu.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasional
dengan metode ex-postfacto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
sebanyak 260 siswa kelas VIII SMP N 2 Juntinyuat Kabupaten Indramayu.
Sampel uji coba berjumlah 30 siswa dari kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D,
VIIIE, VIII F, VIII G, VIII H. Sampel penelitian sebanyak 158 siswa dengan
teknik proposional random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan
yaitu menggunakan skala kecerdasan emosi dan skala keterampilan sosial.
Hasil analisis instrumen penelitian keterampilan sosial didapatkan bahwa
kemampuan keterampilan sosial yang berada dalam kategori rendah sebesar
16,5%, sedangkan dalam kategori sedang sebesar 83,5%. Sedangkan untuk hasil
analisis intrumen kecerdasan emosi didapatkan bahwa siswa yang mempunyai
kecerdasan emosi rendah sebesar 24,1%, untuk siswa dengan kategori sedang
sebesar 74,7% dan terdapat siswa yang mempunyai kecerdasan emosi yang tinggi
sebesar 1,3%.
Berdasarkan hasil penelitian didapakan bahwa terdapat hubungan yang
signifikan antara kecerdasan emosi dengan keterampilan sosial siswa kelas VIII
SMP N 2 Juntinyuat Kabupaten Indramayu, dengan nilai sig. 0,000<0,05.
correlation coefficien sebesar 0,323. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada
hubungan yang positif antara kecerdasan emosi dengan keterampilan sosial.
Dengan adanya penelitian ini diharapkan agar siswa dapat menumpuhkan
dan mengambangkan kecerdasan emosi dan keterampilan sosial dengan
maksimal. Serta untuk guru Bk diharapkan untuk menindak lanjuti permasalahan
ini dengan memperkaya assesment dan kegiatan layanan BK di sekolah.
Kata kunci : Kecerdasan emosi, keterampilan sosial

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 06:52
Last Modified: 08 Mar 2024 06:52
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2594

Actions (login required)

View Item
View Item