GAME EDUKASI AKSARA JAWA BERBASIS ANDROID DENGAN MENERAPKAN GAMIFIKASI DAN ALGORITMA SHUFFLE RANDOM

SUSTIKA, EKA (2022) GAME EDUKASI AKSARA JAWA BERBASIS ANDROID DENGAN MENERAPKAN GAMIFIKASI DAN ALGORITMA SHUFFLE RANDOM. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of EKA SUSTIKA 18670038.pdf] Text
EKA SUSTIKA 18670038.pdf

Download (10MB)

Abstract

Aksara Jawa atau yang lebih dikenal dengan nama Hanacaraka merupakan salah
satu dari sekian warisan budaya leluhur bangsa Indonesia. Oleh karena itu aksara
jawa adalah salah satu warisan kebudayaan yang wajib dijaga dan dilestarikan.
Seiring berkembangnya zaman, aksara jawa semakin menjadi warisan budaya
yang sedikit peminat dan juga kurang dilestarikan. Sebagai generasi muda
Indonesia dapat melestarikan budaya bangsa yang merupakann peninggalan dari
leluhur kita. Oleh sebab itu semakin berkembangnya ilmu dan teknologi yang ada,
implementasi pembelajaran lebih kreatif dalam penggunaan teknologi terhadap
dunia pendidikan sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang lebih menarik.
Tujuan pengembang untuk membuat game pembelajaran interaktif ini adalah agar
memudahkan bagi siswa – siswi dalam pemahaman aksara jawa serta
memanfaatkan smartphone sebagai sarana pendidikan. Salah satu cara untuk
membuat kuis pada game adalah dengan menerapkan Gamifikasi dan algoritma
Shhuffle Random. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research And
Development) atau penelitian dan pengembangan.Dan dengan media
pembelajaran tersebut dapat digunakan sebagai media alat bantu belajar anak
dalam mengenal huruf aksara jawa yang dapat digunakan sebagai media belajar
bagi pelajar SD. Hasil pengujian yang telah dilakukan menggunakan white box
berdasarkan Comlexity Cyclomatic dapat dihasilkan 2 Independent Path.
Pengujian black box yang telah dilakukan kepada 3 dosen informatika
menunjukan tingkat keberhasilan memiliki presentase 100% dan tingkat
kegagalan 0% maka aplikasi ini dikategorikan layak digunakan. Dan pengujian
User acceptance Test (UAT) yang telah dilakukan terhadap 3 guru dari SD
Muhammadiyah Pesarean diperoleh nilai rata – rata keseluruhan adalah 93%
maka aplikasi game edukasi aksara jawa berbasis android dikategorikan mudah
digunakan oleh sipengguna.
Kata Kunci : Game, Shuffle Random, Gamifikasi, Aksara Jawa, Unity

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 06:21
Last Modified: 08 Mar 2024 06:21
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2574

Actions (login required)

View Item
View Item