HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN PERILAKU MENYONTEK PESERTA DIDIK KELAS X SMA ISLAM SULTAN AGUNG 2 KALINYAMATAN JEPARA

UTAMI, ARBAA AYU (2022) HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN PERILAKU MENYONTEK PESERTA DIDIK KELAS X SMA ISLAM SULTAN AGUNG 2 KALINYAMATAN JEPARA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ARBAA AYU UTAMI 17110040.pdf] Text
ARBAA AYU UTAMI 17110040.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ARBAA AYU UTAMI. NPM 17110040. “Hubungan Self Efficacy Dengan
Perilaku Menyontek Peserta didik Kelas X SMA Islam Sultan Agung 2
Kalinyamatan”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I: Dr.Arri Handayani,
S.Psi.,M.Si. Dr. Pembimbing II: Dr. Chr.Argo Widiharto,M.Si. 2021.
Penelitian hubungan antara self efficacy dengan perilaku menyontek
peserta didik ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya peserta didik yang
melakukan menyontek secara sosial, perilaku menyontek yang ditunjukan
dilakukan dengan cara meminta jawaban teman saat ulangan/ujian dengan cara
menyalin, memberikan kode untuk meminta ataupun memberi jawaban. Selain itu
menyontek juga dilakukan dengan cara mengirim jawaban lewat handphone.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian ex
post facto dengan pendekatan korelasional. Populasi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah peserta didik SMA Islam Sultan Agung 2 Kalinyamatan
kelas X. yang digunakan sebagai try out yaitu kelas X IPS 2. Sedangkan kelas X
IPA 1, X IPA 2, X IPA 3, X IPS 1, X IPS 1, X IPS 3 sebagai sampel penelitian.
Sampling yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Data penelitian
ini diperoleh melalui skala self efficacy peserta didik dan skala perilaku
menyontek peserta didik.
Hasil analisis korelasi antara self efficacy dengan perilaku menyontek
peserta didik ialah hubungan self efficacy dengan perilaku menyontek peserta
didik sebesar -0,297 yang berarti bahwa terdapat hubungan yang negatif antara
self efficacy dengan perilaku menyontek, serta tingkat hubungan diantara variabel
tersebut berada dalam kategori rendah.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
mengurangi perilaku menyontek peserta didik dan guru BK memberikan
treatment atau tindakan. Untuk dapat meningkatkan self efficacy peserta didik.
Kata Kunci: self efficacy, perilaku menyontek.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 03:48
Last Modified: 08 Mar 2024 03:49
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2543

Actions (login required)

View Item
View Item