YULIANTI, EFI (2022) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALISTIK ANAK KELOMPOK B MELALUI SAINS SEDERHANA DENGAN HIDROPONIK TANAMAN DI TK KUNCUP MEKAR KEDONDONG GAJAH DEMAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
EFI YULIANTI 19156104.PDF
Download (5MB)
Abstract
EFI YULIANTI. NPM 19156104 “Upaya Meningkatkan Kecerdasan
Naturalistik Anak Kelompok B Melalui Sains Sederhana dengan Hidroponik
Tanaman di TK Kuncup Mekar Kedondong Gajah Demak Tahun Pelajaran
2021/2022” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Ilmu Pendididkan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I
Muniroh Munawar, S.Pi., M.Pd. Dosen Pembimbing II Dwi Prasetiyawati D.H,
S.Pd, M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya kecerdasaran
naturalistik anak yang disebabkan kurangnya metode pembelajaran yang variatif dalam
kegiatan pembelajaran di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk
meningkatkan kecerdasan naturalistik anak kelompok B melalui sains sederhana
dengan hidroponik tanaman di TK Kuncup Mekar Kedondong Gajah Demak Tahun
Pelajaran 2021/2022.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data
berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini
sebanyak 20 anak kelompok B di TK Kuncup Mekar Kedondong Gajah Demak
Tahun Pelajaran 2021/2022.
Berdasarkan pembahasan hasil penelitian tindakan tersebut dapat ditarik
kesimpulan bahwa melalui sains sederhana dengan hidroponik tanaman dapat
meningkatkan kecerdasan naturalistik anak pada kelompok B TK Kuncup Mekar
Kedondong Gajah Demak dengan indikator pencapaiannya sebagai berikut :
kondisi awal sebelum menggunakan sains sederhana dengan hidroponik tanaman
kecerdasan naturalistik anak masih rendah sekali hanya sebesar 25% pada kritera
BSH. Pada siklus I kecerdasan naturalistik anak meningkat menjadi 35% pada
kriteria BSB. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan
metode yang sama yaitu dengan sains sederhana dengan hidroponik tanaman
dapat meningkatkan kecerdasan naturalistik anak yang meningkat menjadi 80%
pada ktiteria BSB dan sudah melebihi indikator yang ingin dicapai.
Kunci : kecerdasan naturalistis, sains sederhana, hidroponik tanaman
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 03:42 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 03:42 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2538 |