GAME EDUKASI PENGENALAN HURUF ABJAD DI SD ISLAM ROHMANIYYAH DENGAN METODE MDLC

PEBRIANI, ANNISA (2022) GAME EDUKASI PENGENALAN HURUF ABJAD DI SD ISLAM ROHMANIYYAH DENGAN METODE MDLC. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ANNISA PEBRIANI 18340022.pdf] Text
ANNISA PEBRIANI 18340022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Anak usia dini berkisar umur 0 – 13 tahun berada dalam masa Golden Periode
(Periode Keemasan) perkembangan otak mereka. Dalam usia ini, mereka berada
pada masa pertumbuhan dan perkembangan yang paling pesat baik fisik maupun
mental. Oleh karena itu proses perkembangannya harus dimaksimalkan terutama
pada pengenalan huruf abjad sebagai bekal utama dalam belajar membaca. Penulis
membuat sebuah game edukasi dengan harapan mampu meningkatkan mutu
belajar dan nilai, khususnya dalam hal belajar membaca huruf-huruf abjad. Game
edukasi merupakan suatu permainan yang dirancang khusus agar dapat belajar dan
bermain secara bersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan
dari game edukasi pengenalan huruf-huruf abjad untuk anak- anak usia 4-7 tahun
atau setara maksimal Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar kelas 1. Metode
penelitian yang digunakan adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle),
metode penelitian ini memiliki 6 tahapan yaitu Konsep (Consept), Perancangan
(Design), Pengumpulan Material (Material Collecting), Pembuatan (Assembly),
Pengujian
(Testing),
Distribusi
(distribution).
Hasil
validasi
ahli
media adalah hasil keseluruhan validasi ahli media presentase sebanyak 91,87 %,
sehingga dapat disimpukan kriteria presentase skor game edukasi dikatankan
"Sangat Layak". Pada uji coba responden mendapatkan hasil keseluruhan sebesar
90% yang artinya tingkat kelayakan “Sangat Layak”. Hasil dari penelitian ini
adalah game edukasi pengenalan huruf abjad di SD Islam Rohmaniyyah dengan
metode MDCL menggunakan aplikasi construct 2 yang telah layak untuk diuji
cobakan pada anak-anak, dengan harapan dapat meningkatkan mutu belajar dan
nilai khususnya dalam belajar membaca huruf-huruf abjad.
Kata Kunci: Game edukasi, Abjad, Metode MDLC, Construct 2

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 03:30
Last Modified: 08 Mar 2024 03:30
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2529

Actions (login required)

View Item
View Item