EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP

Sukowati, Dyah Intan (2022) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Dyah Intan Sukowati 17310122.pdf] Text
Dyah Intan Sukowati 17310122.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Problem
Based Learning berbantuan komik untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Sepuluh
Nopember 2 Semarang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Sepuluh Nopember 2 Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022 sebanyak 4 kelas. Pengambilan
sampel menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh kelas VIII C, VIII A, dan
VIII B SMP Sepuluh Nopember 2 Semarang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data kuantifatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat perbedaan efektifitas model
pembelajaran Problem Based Learning berbantuan komik, model pembelajaran Problem
Based Learning berbantuan video pembelajaran, dan model pembelajaran konvensional untuk
meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Efektifitas model pembelajaran Problem Based
Learning berbantuan komik lebih baik dibanding dengan model pembelajaran konvensional.
3) Efektifitas model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran
lebih baik dibanding dengan model pembelajaran konvensional. 4) ) Efektifitas model
pembelajaran Problem Based Learning berbantuan komik lebih baik dibanding dengan model
pembelajaran Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran. 5) Terdapat pengaruh
sikap dan keterampilan siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning berbantuan komik dan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan
video pembelajaran. 6) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem
Based Learning berbantuan komik dapat mencapai ketuntasan individu dan klasikal,
sedangkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran
belum dapat mencapai ketuntasan individu dan klasikal.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Komik, Video Pembelajaran, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 02:48
Last Modified: 08 Mar 2024 02:48
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2503

Actions (login required)

View Item
View Item