Analisis Kesalahan Berbahasa pada Teks Biografi Karangan Siswa Kelas X SMA Sanata Karya Langgur Tahun Ajaran 2020/2021

NARWADAN, AGNES NIKITA (2022) Analisis Kesalahan Berbahasa pada Teks Biografi Karangan Siswa Kelas X SMA Sanata Karya Langgur Tahun Ajaran 2020/2021. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AGNES NIKITA NARWADAN 16410068 .pdf] Text
AGNES NIKITA NARWADAN 16410068 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kadiah kebahasaan adalah suatu unsur yang sangat penting perannya dalam menulis.
Sayangnya, masih banyak siswa SMA yang masih belum paham dan tau tentang kaidah�kaidah kebahasaan. Kesalahan yang sering kali ditemukan adalah seperti kesalahan dalam
penggunaan tanda baca dan huruf kapital.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana wujud kesalahan
penggunaan huruf kapital dan tanda baca bahasa Indonesia pada teks biografi karangan siswa
kelas X SMA Sanata Karya Langgur tahun ajaran 2020/2021? (2) Apa penyebab kesalahan
penggunaan huruf kaptal dan tanda baca bahasa Indonesia pada teks biografi karangan siswa
kelas X SMA Sanata Karya Langgur tahun ajaran 2020/2021 ? Ada pun tujuan dalam
penelitian ini: (1) Mendeskripsikan bagaimana wujud kesalahan huruf kapital dan tanda baca
bahasa Indonesia pada teks biografi karangan siswa kelas X SMA Sanata Karya Langgur
tahun ajaran 2020/2021, (2) Mendeskripsikan penyebab kesalahan penggunaan huruf kapital
dan tanda baca bahasa Indonesia pada teks biografi karangan siswa kelas X SMA Sanata
Karya Langgur tahun ajaran 2020/2021.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan teknik simak dan teknik catat.
Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data adalah hasil menulis
teks biografi siswa, dengan jumlah sebanyak 40 teks yang sesuai dengan jumlah siswa kelas
X IPA SMA Sanata Karya Langgur tahun ajaran 2020/2021. Dalam penelitian ini selain
mendeskripsikan tentang bentuk-bentuk kesalahan berbahasa pada teks biografi karangan
siswa, sekaligus juga mendeskripsikan faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan
berbahasa. Penelitian ini meneliti tentang kesalahan berbahasa pada teks biografi siswa yang
dilihat dari dua aspek: analisis kesalahan pada penggunaan tanda baca dan analisis kesalahan
pada penggunaan huruf kapital.
Data penelitian ini berupa hasil menulis teks biografi siswa, dengan jumlah sebanyak
40 teks yang sesuai dengan jumlah siswa kelas X IPA SMA Sanata Karya Langgur tahun
ajaran 2020/202. Dari hasil penelitian disimpulkan: (1) jumlah kesalahan pada penggunaan
huruf kapital sebanyak 98 kesalahan, (2) jumlah kesalahan pada penggunaan tanda baca
sebanyak 17 kesalahan. Serta faktor-faktor yang mempengaruhi siswa sering melakukan
kesalahan : (1) Banyak siswa yang belum tahu tentang PUEBI, (2) Kurangnya penjelasan
dari guru mata pelajaran tentang kaidah kebahasaan, (3) Kurangnya reverensi, dan (4)
Kurangnya perhatian siswa dalam proses belajar mengajar di sekolah.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah sebaiknya guru lebih sering mengenalkan
dan menerapkan penulisan dengan benar yang sesuai dengan kaidah kebahasaan yang
berlaku, serta siswa yang harus lebih serius dalam proses belajar mengajar.
Kata kunci: Analisis kesalahan berbahasa, teks biografi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 02:12
Last Modified: 08 Mar 2024 02:12
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2473

Actions (login required)

View Item
View Item