Fatmawati, Ade Ardhita (2022) PENGEMBANGAN MEDIA GAME BERMUATAN SUSTAINABILITY MATERI FILUM ANNELIDA DAN ECHINODERMATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Ade Ardhita Fatmawati 16320081.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D)
yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media
game bermuatan sustainability terhadap kemampuan berpikir kritis dan self
efficacy siswa. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan, dimana
dalam tahapannya terdiri dari studi pendahuluan, rancangan produk, revisi produk,
uji coba produk dan evaluasi. Produk yang telah dikembangkan dilakukan uji coba
skala terbatas dengan sampel penelitian siswa kelas X MIPA 6 dan X MIPA 1
SMAN 12 Semarang tahun ajaran 2021/2022 yang dipilih sebagai kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Untuk mengukur kemampuan berpikir kritis
digunakan tes dengan bentuk soal uraian dan untuk mengukur self efficacy siswa
digunakan angket. Pengembangan media game bermuatan sustainability divalidasi
oleh pakar sustainability dengan nilai rata-rata sebesar 87,5% , oleh pakar media
87,5% dan pakar materi sebesar 89,3% sehingga media dikategorikan sangat
layak. Adapun kepraktisan media game bermuatan sustainability dikatakan praktis
dari angket tanggapan guru sebesar 100%, dan angket tanggapan siswa sebesar
90,8%. Sedangkan keefektifan media game bermuatan sustainability untuk
peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol
berdasarkan uji N-Gain adalah 72% dengan kriteria cukup efektif. Sedangkan
keefektifan untuk self efficacy siswa berdasarkan uji paired samples t-test nilai
sig(2-tailed) adalah 0,008 yang berati ada perbedaan rata-rata nilai posttest dan
lebih tinggi kelas eksperimen dibanding kelas kontrol. Hasil uji anakova
menunjukan 0,000 yang berati bahwa ada pengaruh perbedaan penggunaan media
terhadap perubahan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa media game bermuatan sustainability yang
telah dikembangkan layak, praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis dan self efficacy siswa.
Kata Kunci : Media game, sustainability, kemampuan berpikir kritis, self efficacy
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 08:26 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 08:26 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2461 |