HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN PEMBENTUKAN PRIBADI SISWA YANG JUJUR PADA SISWA KELAS VIII DI SMP N 40 SEMARANG

Permata, Adinda Trizqidira (2022) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN PEMBENTUKAN PRIBADI SISWA YANG JUJUR PADA SISWA KELAS VIII DI SMP N 40 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Adinda Trizqidira Permata 18110020.pdf] Text
Adinda Trizqidira Permata 18110020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Adinda Trizqidira Permata. NPM 18110020: “Hubungan Pola Asuh Orang
Tua dan Pembentukan Pribadi Siswa Yang Jujur pada Siswa Kelas VIII di SMP N
40 Semarang” Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. M.Th. S.R.
Retnaningdyastuti, M.Pd. Pembimbing II Dr. G. Rohastono Ajie, M.Pd.. 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua yang
baik secara otoriter, demokratis, permisif maupun secara bersama sama dan
pembentukan pribadi siswa yang jujur yang dilaksanakan pada siswa kelas VIII di
SMP N 40 Semarang. Penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif
korelasional. Populasi data penelitian ini sejumlah 194 siswa, meliputi kelas VIII
A, VIIIC, VIIIE, VIIIF, VIIIG dan VIIIH. Sampel dalam penelitian ini sejumlah
128 siswa yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Alat
pengumpulan data yang digunakan adalah skala pola asuh orang tua dan pribadi
siswa yang jujur. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi sederhana,
regresi ganda dan uji t.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa ada hubungan pola
asuh orangtua otoriter dengan pribadi siswa yang jujur. Hal ini dibuktikan dengan
nilai t hitung 3,144 > t tabel 1,660 dengan signifikan sebesar 0,002 (0,2%) < 0,05
(5%) sehingga signifikan. Ada hubungan pola asuh orangtua demokratis dengan
pribadi siswa yang jujur. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung 1,951 > t tabel
1,660 dengan signifikan sebesar 0,053 (5,3%) > 0,05 (5%) sehingga tidak
signifikan. Ada hubungan pola asuh orangtua permisif dengan pribadi siswa yang
jujur. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung -6,154 (bertanda negatif) > t tabel
1,660 dengan signifikan sebesar 0,000 (0%) < 0,05 (5%) sehingga signifikan.
Terdapat hubungan yang linier antara pola asuh otoriter, demokratis, dan permisif
dengan pembentukan pribadi siswa yang jujur. Hal ini dibuktikan dengan nilai F
hitung sebesar 17,278 >2,60 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 (0%) < 0,05 (5%)
sehingga signifikan.
Secara umum penelitian ini dapat mengetahui pentingnya hubungan pola asuh
orang tua terhadap pembentukan pribadi siswa yang jujur sehingga dapat sebagai
acuan memberikan layanan BK dalam rangka meningkatkan kejujuran siswa dan
pola asuh orang tua yang mempengaruhinya.
Kata Kunci: Pribadi Siswa Yang Jujur dan Pola Asuh Orang Tua.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Mar 2024 07:51
Last Modified: 07 Mar 2024 07:51
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2444

Actions (login required)

View Item
View Item