EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA SISWA SMP

Subiyoto, Putri Harryuka (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA SISWA SMP. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Putri Harryuka Subiyoto 19310050.pdf] Text
Putri Harryuka Subiyoto 19310050.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan model pembelajaran
Problem Based Learning berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
terhadap kemampuan penalaran matematis pada siswa SMP. Penelitian ini
dilakukan di SMP Institut Indonesia Semarang. Desain penelitian yang digunakan
adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Posttest-Only Control Design.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh keaktifan siswa
terhadap kemampuan penalaran matematis dengan model pembelajaran Problem
Based Learning berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). (2)
Kemampuan penalaran matematis siswa dengan model pembelajaran Problem
Based Learning berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) lebih baik dari
pada pembelajaran Konvensional. (3) Kemampuan penalaran matematis siswa
dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) mencapai ketuntasan belajar secara klasikal.

Kata Kunci: Kemampuan penalaran matematis; Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD); Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 04 Jan 2024 04:13
Last Modified: 04 Jan 2024 04:13
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/240

Actions (login required)

View Item
View Item