PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN DI TOKO ROTI GG CABANG RANDUBLATUNG BLORA

Nurhidayah, Rohmah (2023) PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN DI TOKO ROTI GG CABANG RANDUBLATUNG BLORA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Rohmah Nurhidayah 18220034.pdf] Text
Rohmah Nurhidayah 18220034.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh indikasi mengenai produk yang
bervariasi tetapi stok yang dibutuhkan konsume kosong, harga produk yang
lebih murah dari pesaing sejenis tetapi permintaan menurun, dan penyajian
toping ataupun selai pada beberapa produk lebih sedikit dibandingkan pesaing
sejenis. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menguji pengaruh harga terhadap minat
beli ulang konsumen, 2) Menguji pengaruh kualitas produk terhadap terhadap
minat beli ulang konsumen, 3) Menguji pengaruh harga dan kualitas produk
terhadap minat beli ulang konsumen di Toko Roti GG cabang Randublatung
Blora.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan
asosiatif kausal yang bertujuan untuk menunjukkan adanya pengaruh atau tidak
antara variabel harga dan kualitas produk terhadap minat beli ulang konsumen.
Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner atau
angket. Populasi penelitian ini adalah konsumen dengan minimal dua kali
pembelian, sedangkan sampel penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode
pengambilan data dengan menggunakan metode Non Probability Sampling
dengan teknik Purposive Sampling, kemudian data diolah dengan dengan bantuan
program IBM SPSS 22.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh harga, dan
kualitas produk terhadap minat beli ulang konsumen di Toko Roti GG cabang
Randublatung Blora sebesar 59,7%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara
parsial: 1) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang
konsumen di Toko Roti GG cabang Randublatung Blora. 2) kualitas produk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang konsuemn di Toko
Roti GG cabang Randublatung Blora. 3) harga dan kualitas produk secara
simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang konsumen
di Toko Roti GG cabang Randublatung Blora.
Kata Kunci : Harga, Kualitas Produk, Minat Beli Ulang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 02 Feb 2024 02:46
Last Modified: 02 Feb 2024 02:46
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2394

Actions (login required)

View Item
View Item