EFEKTIVITAS ASESMEN KINERJA PRAKTIKUM BERBASIS SCIENTIFIC INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI SMA NEGERI 2 SLAWI

Dewi, Renita Mustika (2023) EFEKTIVITAS ASESMEN KINERJA PRAKTIKUM BERBASIS SCIENTIFIC INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI SMA NEGERI 2 SLAWI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Renita Mustika Dewi 18320054.pdf] Text
Renita Mustika Dewi 18320054.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran Biologi belum semua guru menggunakan instrumen asesmen
kinerja praktikum. guru masih menggunakan asesmen secara tertulis diakhir
kegiatan pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa hanya duperoleh dari aspek
kognitif tanpa melihat proses belajar yang dilakukan siswa. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui efektivitas asesmen kinerja praktikum berbasis scientific
inquiry dalam meningkatkan hasil belajar pada materi struktur dan fungsi jaringan
pada tumbuhan pada siswa kelas XI MIPA di SMA N 2 Slawi. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian True Eksperimental Design bentuk pretest
posttest control grup design. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada
penelitian ini, meliputi: teknis tes DAN non tes, terdiri atas: (a) pengamatan dan
penilaian langsung terhadap rancangan perangkat asesmen pembelajaran kinerja
praktikum oleh validitas; (b) pengamatan dan penilaian langsung terhadap
keterlaksanaan dari instrumen penilaian yang diberikan kepada observer; dan (c)
pemberian angkat respon kepada siswa dan wawancara langsung terhadap guru
mapel Biologi untuk mengumpulkan data kelayakan asesmen pembelajaran
kinerja praktikum dan teknik tes yaitu memberikan tes butir pilihan ganda kepada
siswa untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelaS XI
MIPA 2 dan MIPA 3 yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan asesmen
kinerja dan yang tidak. Dilihat dari assmen afektif kognitif dan psikomotorik
kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan kelas kontrol. Ditunjukan
juga dari hasil pengujian hipotesis nilai hasil belajar siswa, diperoleh nilai
signifikansi (0,000 < 0,05) dengan begitu asesmen kinerja praktikum berbasis
Scientific Inquiry dikatakan efektif.
Kata Kunci: Asesmen, asesmen kinerja praktikum, Scientific Inquiry, Hasil
Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 01 Feb 2024 06:28
Last Modified: 01 Feb 2024 06:28
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2366

Actions (login required)

View Item
View Item