PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN, DAN FASILITAS WISATA TERHADAP MINAT KUNJUNG ULANG EKOWISATA GUA PANCUR DESA JIMBARAN KECAMATAN KAYEN KABUPATEN PATI

Erwani, Vivin (2023) PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN, DAN FASILITAS WISATA TERHADAP MINAT KUNJUNG ULANG EKOWISATA GUA PANCUR DESA JIMBARAN KECAMATAN KAYEN KABUPATEN PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Vivin Erwani 19220026.pdf] Text
Vivin Erwani 19220026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Vivin Erwani “Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Fasilitas Wisata
Terhadap Minat Kunjung Ulang Ekowisata Gua Pancur Desa Jimbaran
Kecamatan Kayen Kabupaten Pati”. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI
Semarang, 2022.
Penelitian ini dilatarbelakangi menurunnya jumlah pengunjung yang
signifikan pasca pandemi Covid-19 yang mengakibatkan turunnya minat kunjung
ulang wisatawan pada disalah satu objek wisata di kabupaten pati. Tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh promosi, kualitas pelayanan, dan
fasilitas wisata terhadap minat kunjung ulang ekowisata Gua Pancur Desa
Jimbaran Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. Adapun variabel bebas yang
digunakan pada penelitian ini adalah promosi (X1), kualitas pelayanan (X2), dan
fasilitas wisata (X3), serta variabel terikatnya adalah minat kunjung ulang (Y).
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian
ini adalah pengunjung yang sedang berkunjung dan yang pernah berkunjung
minimal satu kali di objek wisata Gua Pancur, dengan sampel penelitian sebanyak
100 responden. Penentuan sampel ditentukan dengan metode non probability
sampling dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan
metode kuesioner atau angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan bantuan program software SPSS Ver. 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) promosi berpengaruh positif dan
signifikan secara parsial terhadap minat kunjung ulang (2) kualitas pelayanan
berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat kunjung ulang (3)
fasilitas wisata berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat
kunjung ulang (4) promosi, kualitas pelayanan, dan fasilitas wisata berpengaruh
positif dan signifikan secara simultan (bersama-sama) terhadap minat kunjung
ulang.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa promosi, kualitas pelayanan, dan
fasiltas wisata berpengaruh sebesar 48,4% terhadap minat kunjung ulang
ekowisata Gua Pancur, sedangkan sisanya 51,6% dipengaruhi oleh variabel�variabel lain yang tidak diteliti. Saran untuk penelitian ini adalah bagi pengelola
diharapkan bisa lebih meningkatkan promosi, kualitas pelayanan, dan fasilitas
wisata sedangkan untuk peneliti selanjutnya bisa mengembangkan penelitian ini
dengan meneliti variabel lainnya.
Kata Kunci: Promosi, Kualitas Pelayanan, Fasilitas Wisata, dan Minat
Kunjung Ulang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 01 Feb 2024 04:46
Last Modified: 01 Feb 2024 04:46
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2358

Actions (login required)

View Item
View Item