ANALISIS KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA PADA MATERI ALJABAR DITINJAU DARI PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Silvia, Rahmatika Diah (2023) ANALISIS KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA PADA MATERI ALJABAR DITINJAU DARI PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Rahmatika Diah Silvia 18310104.pdf] Text
Rahmatika Diah Silvia 18310104.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Banyak siswa masih kesulitan dalam memecahkan masalah yang berhubungan
dengan matematika, salah satunya pada materi aljabar. Computational thinking
merupakan keterampilan yang diperlukan untuk membantu dalam memecahkan
masalah yang dihadapi oleh siswa melalui keterampilan abstraction, pattern
recognition, decompotition, dan algorithm. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan kemampuan computational thinking siswa SMP kelas IX dalam
menyelesaikan pemecahan masalah matematis. Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif kualitatif. Waktu pelaksanaan penelitian pada semester gasal
tahun ajaran 2022/2023. Subjek yang diambil yaitu siswa kelas IX A di SMP
Negeri 2 Karangrayung dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan
masalah terpilih 2 siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tingkat tinggi, 2
siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tingkat sedang, dan 2 siswa
dengan kemampuan pemecahan masalah tingkat rendah. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah, tes kemampuan
computational thinking, dan wawancara, kemudian data dianalisis berdasarkan
indikator computational thinking dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan pemecahan masalah
tingkat tinggi mampu memenuhi semua indikator computational thinking yaitu
abstraction, pattern recognition, decopotition, dan algorithm, pada siswa dengan
kemampuan pemecahan masalah tingkat sedang mampu memenuhi 3 dari 4
indikator computational thinking yaitu aspek abstraction, pattern recognition, dan
decopotition, sedangkan kurang mampu dalam memenuhi aspek algorithm,
sedangkan pada siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tingkat rendah
mampu memenuhi 2 dari 4 indikator computational thinking yaitu aspek
abstraction dan patter recognition, sedangkan kurang mampu memenuhi aspek
decopotition dan algorithm.
Kata Kunci: Analisis, Computational Thinking, Kemampuan Pemecahan
Masalah, Persamaan Kuadrat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 01 Feb 2024 04:45
Last Modified: 01 Feb 2024 04:45
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2357

Actions (login required)

View Item
View Item