CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) E COMMERCE PADA CROSSROAD STORE BERBASIS WEB

Saputra, Naslian Andika (2023) CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) E COMMERCE PADA CROSSROAD STORE BERBASIS WEB. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NASLIAN ANDIKA SAPUTRA 18670010.pdf] Text
NASLIAN ANDIKA SAPUTRA 18670010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Produk yang dijual di Crossroads Store merupakan barang bekas atau
second dan sering disebut dengan barang thrifting. Produk tersebut kebanyakan
limited dan tidak diproduksi lagi. Maka dari itu sering terjadi kenaikan harga cukup
tinggi yang lebih mahal dari produk barunya. Proses jual beli di Crossroads Store
masih secara tradisional. Walaupun ada media sosial, namun itu belum cukup untuk
membantu dan mengembangkan perusahaan.. Oleh karena itu dengan mengangkat
permasalahan diatas perlu dibangun E-Commerce atau toko online yang
didalamnya akan diterapkan CRM ( Customer Relationship Management ). Untuk
menjaga hubungan baik dengan konsumen, perlu adanya fitur-fitur layanan kepada
konsumen sebelum maupun sesudah melakukan pembelian. Layanan yang akan
diterapkan pada sistem antara lain Negosiasi harga, Membership, dan refund
pesanan. Konsumen dapat memberikan feedback seperti memberi review produk,
rating produk dan juga komplain. Dalam penelitian ini metode yang digunakan
adalah metode waterfall dan untuk perancangan sistem ini penulis menggunakan
bahasa pemrogaman PHP (Hypertext Preprocessor) serta pemodelan menggunakan
UML ( Unifield Modelling Language ) dengan database menggunakan MySql. Pada
pembuatan sistem ini dilakukan 3 pengujian. Yang pertama pengujan white box
dengan hasil perhitungan Cyclomatic complexity yang rendah sehingga sistem
dapat dibilang sederhana. Yang kedua pengujian black box dengan mendapatkan
nilai 100% sehingga sesuai dengan yang diharapkan dan yang terakhir UAT (User
Acceptance Test) dengan presentase nilai rata-rata 94,8%. Dengan demikian sistem
ini sudah siap digunakan. Dengan diterapkannya CRM ( Customer Relationship
Management ) pada E-Commerce berupa fitur-fitur tersebut diharapkan dapat
membantu proses penjualan dan mencakup pasar yang lebih luas serta
meningkatkan pendapatan perusahaan.
Kata kunci : E Commerce, Thrifting, CRM , Membership

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 01 Feb 2024 03:26
Last Modified: 01 Feb 2024 03:26
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2308

Actions (login required)

View Item
View Item