Erviandita, Selvita (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL EKSPONEN BERDASARKAN TEORI KASTOLAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Selvita Erviandita 18310029.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa
dengan gaya kognitif reflektif dan kognitif impulsif dalam menyelesaikan soal�soal eksponen berdasarkan teori kastolan. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa
SMA Masehi 2 PSAK Semarang yang sudah mendapat materi Eksponen. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, wawancara, dan
dokumentasi sedangkan Teknik analisis data pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Siswa
reflektif melakukan kesalahan prosedural yaitu siswa salah ketika menghitung
persen sehingga salah dalam mengambil langkah akhir. Siswa impulsif cenderung
lebih banyak malakukan kesalahan dibandingkan dengan siswa reflektif. Siswa
reflektif dan impulsif melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal
matematika dengan dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Untuk
siswa reflektif, faktor internalnya yaitu kurangnya pemahaman dalam konsep
penyelesaian dan kurangnya ketelitian dalam menentukan suatu nilai. Sedangkan
faktor eksternalnya yaitu siswa terburu-buru karena kesibukan siswa di
lingkungan sekolahnya.
Kata kunci : Analisis Kesalahan, Eksponen, Teori Kastolan, Kognitif Reflektif
Impulsif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 03:18 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 03:18 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2300 |