Hediati, Isna Fadila (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN TAHAPAN POLYA DITINJAU DARI REPRESENTASI VERBAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ISNA FADILA HEDIATI 18310082.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan
masalah matematika dengan tahapan polya ditinjau dari representasi verbal. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian
ini adalah sebanyak satu kelas siswa kelas X – 5 SMA Negeri 01 Balapulang dengan
tes representasi verbal, kemudian diambil yang memiliki kemampuan representasi
verbal baik sebanyak dua orang, kemampuan representasi verbal sedang sebanyak
dua orang, dan kemampuan representasi verbal rendah sebanyak dua orang. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu tes representasi verbal, tes pemecahan
masalah dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah : (1)
Siswa representasi verbal baik memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik
pula, mampu memenuhi indikator yang ada pada keempat tahapan proses
pemecahan masalah matematika, (2) Siswa representasi verbal sedang memiliki
kemampuan pemecahan masalah yang sedang pula, hanya bisa memenuhi tiga dari
empat tahapan proses pemecahan masalah matematika, (3) Siswa representasi
verbal rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah yang rendah pula, hanya
bisa memenuhi dua atau tiga dari empat tahapan proses pemecahan masalah
matematika.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah; Polya; Representasi Verbal
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 03:10 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 03:10 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2291 |